Tiga Parpol Belum Ajukan PAW DPRD Maluku | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Tiga Parpol Belum Ajukan PAW DPRD Maluku

BERITA MALUKU. Ketua DPRD Maluku, Edwin Huwae mengatakan, saat ini, masih ada tiga partai politik yang belum mengajukan nama calon anggota DPRD pengganti antar waktu (PAW).

"Dari lima anggota DPRD Maluku periode 2014-2019 yang lolos sebagai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, baru ada dua parpol yang mengusulkan nama calon anggota DPRD PAW," katanya di Ambon, Jumat (20/1/2017).

Lima anggota DPRD tersebut adalah Samson Atapary (cabup SBB) dari PDI Perjuangan berpasangan dengan Suhfi Majid (cawabup SBB) asal PKS, dan Yasin Payapo (cabup SBB) asal Partai Hanura.

Kemudian Dharma Oratmangun (Golkar) sebagai calon Bupati Maluku Tenggara Barat, serta Syarief Hadelr (PPP) yang menjadi calon Wakil Wali Kota Ambon.

"Hanya Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) serta PDI Perjuangan yang baru mengusulkan, sementara Partai Golkar, PKS, serta PPP belum mengajukan nama calon PAW," tandasnya.

DPRD Maluku juga telah mengimbau tiga parpol lainnya untuk segera mengajukan nama calon PAW agar bisa diproses secara kolektif guna mengisi kekosongan anggota dewan di lembaga perwakilan rakyat daerah ini.

Dikatakan, DPD PDI Perjuangan Maluku telah mengusulkan Evert Kermite dari daerah pemilihan Kabupaten Seram Bagian Barat sebagai calon anggota DPRD Maluku pengganti antar waktu (PAW) menggantikan Samson Atapary.

"Evert diusulkan menggantikan Samson Atapary yang telah ditetapkan KPU sebagai calon Bupati SBB dan berpasangan dengan Suhfi Madjid (PKS) sebagai cawabup," kata Edwin yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku.

Pengusulan Evert sudah sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku, dimana orang yang mendapatkan perolehan suara terbanyak kedua dalam pemilu legislatif 2014 lalu.

"Sesuai aturan yang berlaku urutan kedua peraih suara terbanyak dalam pemilu legislatif 2014 yang naik menggantikan kader sebelumnya dan kita sudah mengikuti aturan tersebut," katanya.

Maka secara otomatis, Evert Kermite yang direkomendasi dan dipercayakan oleh parati untuk diusulkan sebagai anggota DPRD PAW hingga tahun 2019.

Sebelumnya Evert Kermite yang sudah dua periode menjadi anggota DPRD Maluku ini mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati SBB untuk pilkada langsung 15 Februari 2017 namun terhenti di tengan jalan dan partai menunjuk Samson Atapary untuk maju sebagai calon bupati.
Dewan 8393425065235085697

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang