Harga Ikan Cakalang di Ternate Melonjak Tinggi Hingga Rp400.000 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Harga Ikan Cakalang di Ternate Melonjak Tinggi Hingga Rp400.000

BERITA MALUKU. Harga ikan cakalang di Kota Ternate, Maluku Utara melonjak tinggi hingga mencapai Rp400.000 per ekor.

Lonjakan harga ikan itu akibat cuaca buruk sepekan terakhir yang menyebabkan nelayan tidak bisa melaut.

Pantauan Antara, Minggu (8/1/2017) harga ikan cakalang berukuran sedang Rp200 ribu per ekor, dan yang kecil berkisar antara Rp100 ribu dan Rp150 ribu per ekor.

Thamrin, pedagang ikan di Pasar Gamalama, mengatakan, saat ini seluruh jenis ikan mengalami kenaikan harga dan kenaikan tersebut diakibatkan cuaca buruk sehingga tangkapan nelayan mengalami penurunan dan menyebabkan stok di pasar berkurang.

"Jika kondisi cuaca terus memburuk maka kenaikan harga ikan bisa saja lebih tinggi, karena jika kebutuhan masyarakat semakin tinggi dan persediaan berkurang maka harga terus naik," katanya.

Sebelumnya, ikan cakalang besar dijual seharga Rp150 ribu per ekor.

Begitu pula, harga ikan jenis dolosi, tude dan kombong sebelumnya dijual Rp20.000 per ekor saat ini naik menjadi Rp50 ribu per baki.

Thamrin menambahkan, kenaikan harga juga terjadi pada sejumlah kebutuhan pokok seperti tomat dan cabai, yang juga mengalami keterlambatan pasokan stok akibat cuaca buruk.

"Namun untuk kebutuhan masyarakat masih dapat dipenuhi dengan ketersediaan yang ada, meskipun ada kenaikan namun masih dapat dijangkau oleh masyarakat," ujarnya.
Malut 8731856670988701906

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

#ANEKA

# TNI - POLRI

Indeks

Kurs Mata Uang