David Sitanala Siap Tampil di Ajang FIA Formula 4 2017 China | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

David Sitanala Siap Tampil di Ajang FIA Formula 4 2017 China

BERITA MALUKU. David Juliano Sitanala anak muda asli Maluku yang prestasinya mecuat di arena Gokart, akan melangkah lebih tinggi dengan mengikuti ajang FIA Formula 4 di China pada musim Balap tahun 2017 ini.

David Sitanala yang juga dikenal dan selalu menyebut dirinya sebagai “Jong Ambon”, tidak pernah patah semangat. Cita-citanya untuk balapan single seater akhirnya dapat terwujud. Penantian David selama ini tidak sia-sia, dengan perjuangan dan prestasinya di balapan Gokart yang menjangkau skala international telah menggugah Gubernur Provinsi Maluku, Ir. Said Assagaff dan ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae untuk mendukung David di kelas yang lebih tinggi yakni FIA Forumla 4.

Dukungan Pemerintah dalam hal ini Gubernur dan Ketua DPRD dan seluruh elemen masyarakat Maluku telah memberikan semangat dan spirit bagi dirinya untuk berlomba di FIA Formula 4 di China.

“Baik secara fisik maupun mental saya sudah siap, apalagi ditambah dukungan pemerintah dan seluruh masyarakat,” ujar David Sitanala kepada wartawan di Ambon, Jumat (27/1/2017).

David Sitanala “Jong Ambon" ini sudah siap untuk mengharumkan nama Maluku dan Indonesia di ajang international tersebut. 

Dikatakan, kesempatan berlomba di Formula 4 merupakan kesempatan emas untuk melanjutkan tingkat yang lebih tinggi.

“Kesempatan ini tidak datang dua kali, saya akan berusaha untuk menang dan naik podium. Pada prinsipnya saya akan memberikan yang terbaik,” tuturnya.

Selain mengikuti balapan FIA Formula 4, dirinya juga akan mempromosikan wisata Maluku yang begitu indah dan tidak kalah baik dengan wisata yang ada di dalam negeri walaupun luar negeri.

“Jadi di dalam paddock akan memamerkan wisata Maluku, begitu juga di baju dan mobil balap saya akan pasangan logo Pemprov (SIWALIMA) dan bertuliskan Visit Maluku,” pungkasnya.

Ditanya mengenai dukungan Pemerintah Pusat, David mengakui selama ini belum ada bantuan apapun dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga. Walaupun demikian, dirinya sangat berbangga walaupun Maluku yang termasuk 3 daerah termiskin di Indonesia, namun bisa memberikan bantuan kepada dirinya.

Tak lupa David Sitanala berterima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi dan DPRD Maluku, dengan memberikan bantuan untuk mengikuti Ajang FIA Formula 4 2017 China.

Ditempat yang sama, Manager David dari Iriawan Sport, Stanley Iriawan, mengatakan bangga dengan potensi bakat dan talenta yang dimiliki David Sitanala.

Menurutnya, David merupakan salah satu putra daerah terbaik di Maluku dan secara luas Indonesia yang melangkah ke Formula 4.

“Saya yakin David Sitanala (Nyong Ambon) akan berhasil dan mengikuti seniornya Rio Heryanto yang sudah sampai ke jenjang lebih tinggi di Formula 1,” yakinnya.

Kata Iriawan, sebelum sampai ke FIA Formula 4, David Sitanala telah menjuarai Gokart. Dimana F4 merupakan langkah pertama di single siter, karakteristiknya sama dengan Gokart. Dan jika dirinya berhasil maka bisa melanjutkan ke Formula 3, Formula 2 dan kemudian Formula 1.

“Kalau Gokart itu TK, F4 itu SD, F3 SMP, F2 SMA, F1 perguruan tinggi, dan kita mulai merangkap dari awal dan diharapkan david dapat memberikan hasil yang postif,” cetusnya.

Dijelaskan, David direncanakan akan mengikuti 18-20 balapan di China dan sudah disiapkan sejak awal tahun ini.

Selain itu, David juga tidak pernah putus mmengikuti latihan fisik dan mental yang dilakukan oleh pelatihnya, Dennis Van Rhee. Pada bulan Febuari 2017, David akan melakukan testing dengan dua tim formula 4 papan atas, ART Motorsports dan Champ Motorsports. Yang bertujuan untuk mengetahui tim mana yang tepat, untuk memenuhi kebutuhan David dalam meraih podium dan berprestasi.

“Dengan potensi yang dimilikinya dan ditunjang dengan testing, maka David akan melakukan gebrakan di ajang Formula 4 musim balap ini. Apalagi David memiliki semangat pemenang dalam dirinya yang luar biasa dan konsisten,” pungkasnya.

Selain testing, David juga telah melakukan test fisikal traning, teknis simulator untuk melihat track-track yang akan diikuti david. Sebagai upaya penganalan sircuit kepada david.

“Secara fisik David sudah siap, dan kedepan kita melaksanakan testing, sampai sebelum race pertama di bulan April di China,” pungkasnya.  

Dirinya menyatakan, akan memberikan yang terbaik untuk David, dan diperlukan dukungan dari masyarakat, karena David akan membawa nama Maluku dan Indonesia dikanca International. 

Menurutnya, China merupakan salah satu negara yang sangat kuat baik itu di bidang ekonomi, dan wisatawan dan otomatif di china berjalan sangat cepat, sehingga pihaknya mempunayi kesempatan dan memanfaatkan momentum ini untuk mempromosikan wisata yang ada di negeri seribu pulau ini.

“Target kita, selain membalap tetapi juga memperkenalkan masyarakat Maluku,” ungkapnya. 

Ditambahkannya, peserta yang akan mengikuti Formula 4 2017, yakni China, South Africa, Amerika, Australia dan Canada.

Dirinya juga berterima kasih kepada pemerintah provinsi Maluku yang telah memberikan dukungan dan suport melalui pendanaan. 
Sementara itu, Ketua IMI Maluku Sandy Watimena, mengungkapkan IMI Maluku sangat berbangga hati atas prestasi yang diraih oleh David Sitanala mulai dari juara nasional, Asia dan mewakili asia di Valencia.

“Kita sangat bangga atas prestasi yang diraih David Sitanala. Untuk itu, seluruh masyarakat Maluku mari kita memberikan dukungan kepada David untuk berlomba di Formula 4,” pintanya.

Dirinya mengakui, untuk memasuki jenjang Formula 4 di China membutuhkan dana yang lumayan besar mencapai Rp. 6,5 miliar dalam satu tahun balapan yang dilaksanakan di 6 kota, dengan 18 race.

Untuk mendukung David Sitanala, pihaknya sudah melakukan pertemuan bersama Gubernur dan Ketua DPRD Maluku dan mendapat respon baik dengan memberikan bantuan.

“Kita pahami keuangan daerah terbatas, namun bantuan pemda itu sangat berarti,” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga melakukan koordinasi dengan Pengurus Pusat IMI, dan akan melayangkan surat kepada Kementrian Pemuda dan Olahraga, karena David bukan hanya membawa nama Maluku namun Indonesia.

“Pada prinsipnya, David bukan hanya balapan, tetapi dirinya juga akan mempromosikan destinasi wisata Maluku disetiap perlombaan,” pungkasnya.
Pemprov 7214795921429564207

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang