Basarnas Malut Fokuskan Pencarian Tiga Korban Kapal Putri | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Basarnas Malut Fokuskan Pencarian Tiga Korban Kapal Putri

Ilustrasi
BERITA MALUKU. Tim Basarnas Maluku Utara (Malut), fokus melakukan pencarian tiga korban tenggelamnya PM Putri Tunggal yang karam di perairan Obi, Halmahera Selatan.

Humas Basarnas Malut Faharia Yosua di Ternate, Rabu (4/1/2017) mengatakan pencarian tiga orang masing-masng Thamrin, Arjuni dan Hi Hamid Lakaduta (Pemilik kapal) masih terus dilakukan.

Tim gabungan dari SAR di hari kelima memperluas pencarian hingga radius 100 netical mile (nm) square dari sebelumnya hanya sekitar 20 nm.

"Untuk sementara pencarian diperluas hingga radius 100 nm square di perairan Obi hingga Bacan. Kemarin luas search area hanya kurang lebih 20 nm persegi," ujar Faharia.

Selain itu, Basarnas menambah satu unit kapal berukuran besar guna memperluas areal pencarian korban, karena kondisi cuaca buruk di perairan Halmahera, tidak memungkinkan pencarian menggunakan speedboat.

"Basarnas menambahkan armada laut satu unit KN SAR Pandudewanata untuk melakukan pencarian di beberapa titik yang sulit dijangkau dengan speedboat dan untuk wilayah laut lepas akan dipantau KN SAR Pandudewanata," katanya.

Menurutnya, pencarian sebelumnya fokus di pesisir dan selat karena cuaca tidak mendukung bagi speedboat ukuran kecil maupun kapal ikan untuk pencarian di laut lepas.

"Untuk wilayah pesisir dilakukan dengan speedboat milik BPBD, Syahbandar, Koramil, Polsek dan masyarakat sesuai dengan perkiraan cuaca dari BMKG, cuaca masih kurang bersahabat," katanya.

Perahu long boat PM Putri Tunggal 03, dihantam ombak besar di perairan Obi, Halmahera Selatan, pada Jumat 30 Desember 2016.

Perahu yang mengangkut BBM dari pelabuhan Kupal Bacan menuju Kawasi Obi itu hilang kontak dan diduga tenggelam di tengah laut. Satu orang kru bernama Alan, berhasil ditemukan dalam keadaan selamat oleh nelayan.

Dari informasi yang diperoleh menyebutkan, perahu tersebut berangkat dari pelabuha Kupal dengan tujuan ke perusahaan PT Wanatiara Persada Desa Kawasi, Kamis, 29 Desember pagi pukul 04.00 WIT dengan membawa BBM jenis bensin 5.000 kiloliter dan bahan-bahan kebutuhan pokok milik PT Wanatiara Persada.
Malut 8082786050476911097

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang