Distanhut Aru Gelar Aksi Menanam 1.500 Anakan Pohon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Distanhut Aru Gelar Aksi Menanam 1.500 Anakan Pohon

BERITA MALUKU. Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Kepulauan Aru, Jumat (2/12/2016) menggelar aksi menanam pohon di wilayah kabupaten tersebut. Aksi ini dilakukan dengan menanam sebanyak 1500 anakan bertempat di Perumahan Pelajar Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pulau-Pulau Aru.

Aksi yang mengusung tema: ‘Menanam pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional’ ini dihadiri Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga dan melibatkan unsur pimpinan TNI/POLRI setempat, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kepala Kantor Kementrian Agama Aru dan sejumlah mahasiswa Unpatti Ambon serta sejumlah komponen terkait lainnya.

Bupati Johan Gonga didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kepulauan Aru, Maya Sariman pada kesempatan itu diberi kesempatan secara simbolik melakukan penaman beberapa anakan pohon, kemudian dilanjutkan oleh para peserta lainnya.

Mengutip apa yang disampaikan pihak Kementerian RI dalam rangka memperingati hari Menanam Pohon Indonesia, Bupati Johan Gonga menyatakan bahwa semua ini dilakukan dengan tujuan lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi dan lahan di seluruh Indonesia.

Dijelaskan, pohon dan hutan rakyat untuk kehidupan sejahtera dan sumber devisa negara yang dimaksudkan untuk mensupport masyarakat ikut mendorong, membangun ekosistem hutan guna meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik.

“Karena industri kehutanan ini juga dapat menyerap karbon dioksida di udara dalam rangka ikut berkontrubusi dalam mitigasi (Upaya mengurangi resiko bencana akibat) perubahan iklim,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan HMPI Kabupaten Kepulauan Aru, Deny Dumgair dalam laporannya mengatakan, “Berdasarkan amanat Presiden Republik Indonesia pada acara peringatan hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam nasional di Padalarang Kabupaten Bandung – Jawa Barat telah diinstruksikan penanaman satu miliar pohon dengan tujuan sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian, kemampuan dan kemandirian seluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon.”

Dikatakan, aksi ini juga sebagai menambah tutupan lahan dan hutan guna mencegah lonsor dan banjir pada musim penghujan, menyerap karbon dioksida akibat dari mitigasi perubahan iklim dan penyediaan bahan baku industri pengolahan kayu, pangan dan energi terbarukan. (IMANe)
Daerah 5031045893070890782

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

#ANEKA

# TNI - POLRI

Indeks

Kurs Mata Uang