Arus Penumpang di Pelabuhan Watdek Malra Meningkat | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Arus Penumpang di Pelabuhan Watdek Malra Meningkat

Ilustrasi
BERITA MALUKU. Arus penumpang di pelabuhan Watdek, Langgur, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara meningkat, karena banyaknya masyarakat yang hendak mudik untuk merayakan Natal 25 Desember 2016 dan Tahun Baru 1 Januari 2017.

"Arus penumpang meningkat sejak H-3 Natal," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Nicodemus Ubro di Langgur, Sabtu (24/12/2016).

Ia mengatakan, sesuai hasil data pada Manifest Perjalanan Mudik dari Pelabuhan Watdek menuju Kepulauan Kei Besar meningkat khususnya pada H-3 menjelang Hari Natal 25 Desember 2016.

Lonjakan jumlah penumpang itu terjadi bertepatan dengan masuknya kapal-kapal Pelni dari Papua dan Ambon, dan masyarakat yang berpergian untuk liburan Natal dan Tahun baru mencapai ribuan orang sejak 20 Desember 2016.

"Hari ini lonjakan penumpang diperkirakan masih akan terjadi, dan karena itu pihak terkait akan memberikan pengawasan dan perhatian khusus kepada angkutan laut yang melakukan penyeberangan ke Pulau Kei Besar dan sekitarnya, mengingat kondisi cuaca saat ini cukup ekstrem dengan adanya hujan dan angin," kata Nicodemus.

Menyinggung tentang armada yang melayani pelayaran mudik, ia mengatakan armada yang melayani penumpang tujuan Kei Besar, Kei Besar Utara, dan Kei Besar Selatan ada dua kapal cepat (Ekspres), satu KMP (Feri), kapal motor rakyat, dan speedboat.

Ia menambahkan, demi keselamatan pelayaran maka perusahaan dan pemilik kapal harus betul-betul memperhatikan laporan cuaca dari BMKG dan otoritas pelabuhan.

Para penumpang pun diminta untuk tidak memasksakan diri berangkat jika cuaca tidak kondusif dan bisa membahayakan pelayaran.

"Semua pihak, khususnya pemilik angkutan laut harus memperhatikan keselamatan pelayaran berdasarkan ketentuan yang berlaku," katanya.
Perhubungan 2016206090978053054

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang