Wagub Akui Tingkat Kemiskinan Maluku Turun 0,18 Persen | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Wagub Akui Tingkat Kemiskinan Maluku Turun 0,18 Persen

BERITA MALUKU. Dalam dua tahun ini, tingkat kemiskinan di Provinsi Maluku fluktuatif dengan capaian yang tidak signifikan.

Data terakhir jumlah penduduk miskin yaitu penduduk yang pengeluaran per bulannya berada di bawah Garis Kemiskinan pada bulan Maret 2016 sebanyak 19,18%, dibandingkan dengan penduduk miskin pada bulan September 2015 lalu sebanyak 19,36% dari jumlah penduduk Maluku.

“Hal ini menunjukkan Tingkat Kemiskinan di Provinsi Maluku turun 0,18 poin. Dan realitanya Provinsi Maluku masih menduduki urutan ke-4 Provinsi termiskin di Indonesia setelah Provinsi Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur,” ungkap Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua dalam sambutannya, pada rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah provinsi maluku, yang berlangsung dilantai enam kantor Gubernur Maluku, Kamis (3/11/2016).

Dijelaskan, peran pemerintah daerah dalam percepatan penanggulangan kemiskinan dikoordinasikan melalui Tim Koordinasi Peanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Provinsi dan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten/Kota.

Upaya penanggulangan kemiskinan hanya akan menjadi sebuah keniscayaan jika mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah, karena pemerintah daerah merupakan motor penggerak utama dalam era otonomi daerah dewasa ini.

Oleh karena itu, peran TKPKD menjadi semakin penting. Dalam hal ini, penguatan peran dan fungsi dari TKPKD menjadi sebuah hal yang harus terus diupayakan sehingga proses penanggulangan kemiskinan di daerah dapat berjalan sesuai proses yang diharapkan.

“Saya berharap Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dapat bekerja sama, bersinergi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku mewujudkan akselerasi penurunan tingkat kemiskinan,” harapnya.

Demikian juga, lanjut Sahuburua, bahwa SKPD di lingkup Provinsi Maluku yang secara langsung ataupun tidak langsung menangani program penanggulangan kemiskinan yang juga menjadi bagian dalam TKPKD Provinsi Maluku, agar memberi perhatian penuh dalam penanggulangan kemiskinan dengan memprogramkan kegiatan-kegiatan pembangunan yang sasarannya untuk masyarakat miskin.

Diharapkan pula adanya inovasi, strategi dam semangat baru dalam percepatan penanggulangan kemiskinan di Provinsi Maluku, sehingga target penurunan Kemiskinan 11,64% di tahun 2019 dapat tercapai.
Ekonomi 6737252818631565287

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang