Sejumlah Anak di Batumeja Terserang DBD, Dinkes Dinilai Kurang Tanggap | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Sejumlah Anak di Batumeja Terserang DBD, Dinkes Dinilai Kurang Tanggap

BERITA MALUKU. Sejumlah anak di kelurahan Batu Meja, kecamatan Sirimau, kota Ambon terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD). Beruntung, nyawa mereka dspat tertolong saat di bawah ke rumah sakit.

Masyarakat pun merespons kejadian itu. Mereka menilai Dinas Kesehatan kota Ambon  kurang tanggap terhadap keluhan masyarakat.

"Cucu saya sempat terkena DBD yang disebabkan gigitan nyamuk aides aegipty dan menjalani perawatan medis di Rumas Sakit Sumber Hidup pada 19 Oktober 2016, kemudian ada beberapa anak tetangga juga mengalami hal serupa," kata warga Kelurahan Batumeja, Ny. Agnes Renyut, di Ambon, Selasa.

Atas kejadian tersebut, Agnes sempat melaporkan kejadian ini kepada Kadis Kesehatan Maluku dan meminta adanya tindakan pencegahan dari petugas Dinkes ke lapangan berupa penyemprotan atau pun pengasapan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kadinkes Maluku dan meneruskannya kepada Dinkes Kota Ambon yang punya wilayah kerja. Namun, sampai sekarang belum ada tindakan yang dilakukan," tandas Agnes yang juga anggota DPRD Maluku ini.

Kemudian ketua RT setempat melaporkan masalah ini kepada kepala kelurahan dengan harapan ada koordinasi ke Dinkes kota Ambon. Namun, tidak ada respons balik sampai hari ini.

Menurut dia, Dinkes tidak seharusnya menunggu sampai ada korban jiwa akibat DBD baru mengambil tindakan pencegahan dengan cara menurunkan timnya ke lapangan.

Kawasan Batumeja memang terdiri dari perbukitan dan lembah serta terdapat sebuah sungai kecil dan lokasnya berdekatan dengan Kayu Putih yang beberapa bulan lalu terjadi kasus serupa yakni sejumlah anak terserang DBD.

"Saat melihat kondisi cucu saya terkena DBD, korban langsung dilarikan ke rumah sakit dan langkah serupa juga dilakukan beberapa tetangga lainnya sehingga anak-anak ini bisa tertolong," katanya.

Namun warga sekitar kelurahan Batumeja tetap berharap ada langkah antisipatif Dinkes kota Ambon untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk pembawa virus DBD dan berjangkit pada orang lain.
Kesehatan 3328443112039078125
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks