Perusahaan Penjamin Kredit Diharapkan Mampu Mendorong Pertumbuhan Ekonomi | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Perusahaan Penjamin Kredit Diharapkan Mampu Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

BERITA MALUKU. Selama ini pembiayaan terhadap UMKM maupun usaha-usaha rintisan selama ini, belum banyak terbantu dari Industri Jasa Keuangan. Ini tentunya akan memberikan dampak terhadap perekonomian Provinsi Maluku, sebab Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam hal mendorong perekonomian nasional dan daerah.

Oleh karena itu, perusahan penjamin kredit dapat memaknai peran ini dengan baik, terkait penyediaan layanan keuangan yang dapat diterima masyarakat, tentunya yang sesuai dengan kebutuhan dan mudah untuk diakses dari sisi persyaratan, disamping layanan itu haruslah aman dan tidak beresiko. Dengan adanya sinergitas antara Pemerintah, Industri Jasa Keuangan dan juga stakeholders lainnya.

“Saya yakin, tidak hanya akses keuangan yang meningkat, tetapi juga dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan menjawab kesejahteraan masyarakat,”ujar Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff, Kamis (24/11).

Dirinya berharap dengan terbentuknya Perusahan Penjaminan Kredit Daerah dapat lebih menjangkau nasabah UMKM di wilayah Provinsi Maluku, apalagi wilayah Maluku adalah wilayah kepulauan sehingga sangat dibutuhkan pendirian dan operasional Perusahan Penjaminan Kredit Daerah.

Dijelaskan, walaupun berada didaerah namun perusahan penjaminan kredit sesungguhnya merupakan gagasan dan sinergi dari kementerian dan lembaga di tingkat pusat yakni Bappepam dan Kementerian Keuangan yang merupakan regulator bagi pendirian dan operasional perusahan penjaminan kredit daerah.

Menurutnya, Bank Indonesia yang merupakan regulator perbankan, pengguna utama dari layanan perusahan penjaminan kredit daerah serta Kementerian Koordinator Perekonomian yang mengkordinir dan memfasilitasi kerjasama antar instansi ini. Sementara di tingkat Daerah Pemerin tah daerah Provinsi bertugas menyiapkan regulasi dan permodalan yang diperlukan, serta melakukan edukasi dan sosialisasi bagi UMKM maupu kalangan Perbankan mengenai skema penjaminan kredit ini.

“Dalam memacu perkembangan perekonomian daerah, hal yang terpenting dan perlu mendapat perhatian, adalah bagaimana kita dapat berperan dalam meningkatkan akses keuangan dan kemandirian finansial masyarakat, serta mendukung upaya peningkatan pemerataan dalam pembangunan,” pungkasnya.
Ekonomi 35002313477561427

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

#ANEKA

# TNI - POLRI

Indeks

Kurs Mata Uang