IDI Malteng Gelar Seminar Sehari "Masohi Clinical Update" | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

IDI Malteng Gelar Seminar Sehari "Masohi Clinical Update"

BERIT MALUKU. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Maluku Tengah (Malteng), Sabtu (26/11/2016) kemarin, menggelar kegiatan seminar Masohi Clinical Update 2016.

Kegiatan yang dibuka Asisten III Setda Malteng, Abdul Gani, masih dalam rangkaian memperingati HUT IDI ke-66 Tahun 2016. Kegiatan berlangsung di gedung PKK Masohi, dengan menghadirkan narasumber para tenaga kesehatan dari Ambon, Masohi dan RSUD Bula.

Pelaksana Tugas Buapti Malteng, M. Saleh Thio mengakui, dedikasi, Eksistensi dan Komitmen Dokter yang bernaung dalam IDI Malteng yang selalu memberikan pelayanan tanpa mengenal lelah.

"Terlaksananya Seminar ini tentu mencerminkan dedikasi, eksistensi dan komitmen para dokter yang bernaung dalam ikatan Dokter Indonesia Cabang Malteng, tidak pernah lelah dalam mengabdi dan membaktikan diri bagi kemajuan pembangunan kesehatan di Maluku Tengah," akui Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Abdul Gani.

Ketua Panitia Pelaksana seminar, dr. Aditiya Probosantoso, kepada Media mengatakan, ada beberapa materi yang diseminarkan, diantaranya, Penatalaksanaan kasus kejang demam pada anak dibawakan oleh dr. Kartika, SpA (RSUD Bula), kegawatdaruratan Obstetrik oleh dr.Irwan, SpOG.M.Kes (RSUD Bhayangkara ambon), penanganan krisis hipertensi oleh dr. Denny Jolanda, SpPD., FINASIM (RSUD Haulussy Ambon) dan materi asuhan keperawatan dibawakan oleh Joule Timisela, S.Kep.Ns.M.Kep (akper).

"Untuk peserta seminar berasal dr berbagai profesi kesehatan mulai dari dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, perawat, bidan, mahasiswa kedokteran Unpatti dan Sekolah Tinggi Kesehatan yang berasal dari Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur dan Kabupaten Malteng," Aditya.

Sementara itu, disaat yang sama, ketua IDI Malteng, dr. Saleh Tualeka sebagai penanggung jawab kegiatan mengatakan, masohi clinical updateini (MCU) merupakan kegiatan seminar rutin.

"Ini rutin dilaksanakan Iktan Dokter Indonesia Maluku Tengah, dalam rangka meng-update keilmuan medis praktis, terkait berbagai kasus penyakit yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari," Tandas Tualeka.

Ia juga mengatakan, MCU kali ini sedikit berbeda karena IDI Malteng juga menghadirkn salah satu materi keperawatan sebagai bekal pelayanan bagi para perawat.

"Saya berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi seluruh tenaga kesehatan di Maluku lebih Khususnya Maluku Tengah dalam rangka turut mewujudkn masyarakat Maluku Tengah yang sehat dan sejahtera," harap Tualeka.

Ia yakin Kedepan IDI Malteng akan selalu aktif berpartisipasi bersma stakeholders yang lain dalam proses-proses pembangunan kesehatan di Maluku Tengah.

Ia juga menambahkan, seminar tersebut masih menghadirkn topik pembahasan pada kasus kasus penyakit yang sering ditemui dalam kehidupan sehari hari yang perlu pemahaman untuk mencegah komplikasi lanjut.

Seminar ini juga mendapat apresiasi dari peserta. "Saya sangat senang digelar kegiatan seperti ini, ini membantu kami dalam memahami berbagai persoalan kesehatan kekinian," kata salah satu Bidan, Aida Sahubawa.

Hal yang sama dikatakan, dr. Helly Angganois pria yang bekerja pada RSUD Piru, mengatakan kegiatan yang diselenggarakan IDI Malteng sangat bagus namun ia berharap kegiatan tersebut bisa digelar tiga kali dalam setahun.

"Ini kegiatan luar bisa bagi saya dan kalau bisa digelar rutin. biar kita tetap cepat tanggap hal baru dalam menangani kasus kesehatan yang timbul di masyarakat," harapnya.
Malteng 4357134550201307700

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang