Gubernur Maluku Resmi Buka Festival Budaya Banda dan Rumah Peradaban | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Gubernur Maluku Resmi Buka Festival Budaya Banda dan Rumah Peradaban

BERITA MALUKU. Festival Pesona Budaya Banda yang setiap tahun di gelar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Kabupaten Malteng, berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Pasalnya tahun ini, bukan hanya Festival Pesona Budaya Banda saja yang jadi konsep kegiatan tahunan itu, namun Rumah Peradaban juga dirangkaikan dalam kegiatan tersebut.

Acara pembukaan Festival Budaya Banda dan Rumah Peradaban, yang diselenggarakan selama dua hari, dibuka secara resmi oleh Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaf, Jumat (11/11/2016) ditandai Pemukulan Gong dan didampingi PLT Bupati Malteng, Muhamad Saleh Thio, tepatnya di depan Istana Mini Banda Naira.

Berbagai kegiatan diperlombakan dalam Festival Pesona Budaya Banda. Diantaranya, Lomba Perahu Belang (Kora Kora) yang memperebutkan Piala Bergilir Bupati Cup, lomba pancing tradisional, lomba foto bawah Laut, Klompen Raksasa, lomba kuliner dan lomba Joget Empang.

Sementara untuk kegiatan Rumah Peradaban, dilakukan beberapa kegiatan diantaranya, diskusi Komunitas, dialog Basudara, pameran aerkologi multi budaya, Outbond Aerkologi, dan kegiatan sekolah multi budaya tingkat SMP/SLTA sekecamatan Banda.

Ada salah satu mata lomba dalam kegiatan festival tersebut yang nantinya dipastikan menyita antuasias Pemerintah Maluku dan Pemda Malteng serta masyarakat banda maupun turis asing yang kebutulan sedang berlibur di Banda, yaitu Lomba Perahu Belang atau dikenal dengan panggayo manggurebe yang digelar besoknya.

Seperti biasanya, perahu belang yang akan diperlombakan di bagi dua kategori, yaitu kategori perahu belang nasional dan perahu belang adat dan diikuti 17 Negeri yang tersebar pada kecamatan Banda.

Sebelumnya, Gubernur Maluku, Said Assagaf sangat mengapresiasi kegiatan Festival yang diselenggarakan pemda Malteng.

Menurutnya kegiatan iven tahunan tersebut sangat relefan dengan upaya Pemda Provinsi Maluku dalam mengembangkan pembangunan dibidang pariwisata.

"Festival Pesona Budaya Banda dan Rumah Budaya adalah konsep gagasan cerdas dari Pemda Malteng dan masyarakat Banda. Acara ini sangat penting dengan upaya Pemda Provinsi Maluku yang sedang mempercepatan pembangunan dibidang pariwisata," kata Assagaf usai membuka acara tersebut.

Percepatan pembangunan dibidang pariwisata, tambah Assagaf, telah dicanangkan pemberian beasiswa kepada putra putri Maluku, untuk studi dibidang pariwisata pembenahan dan pembangunan infrastruktur pariwisata, serta memperluas potensi dan promosi pariwisata Maluku. (K)
Pariwisata 7065866828233344611

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

#ANEKA

# TNI - POLRI

Indeks

Kurs Mata Uang