Kembangkan Dunia Usaha di Maluku, BI Gelar Seminar Kewirausahaan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kembangkan Dunia Usaha di Maluku, BI Gelar Seminar Kewirausahaan

BERITA MALUKU. Dalam rangka mengembangkan dan membangun dunia usaha di Maluku, Bank Indonesia (BI) perwakilan Maluku menggelar seminar kewirausahaan bagi pelaku dunia usaha di yang ada di negeri seribu pulau ini.

Selain seminar kewirausaan, BI juga meresmikan Pojok UMKM, yang berlangsung di aula BI Maluku, Kamis (6/10/2016).

Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff dalam sambutannya yang dibacakan Seketaris Daerah Maluku, Hamin Bin Tahir mengatakan, tujuan seminar kewirausahaan untuk memberikan bekal para pelaku ekonomi untuk lebih menyelami dunia kewirausahaan, yang tentunya akan melahirkan wirausaha-wirausaha baru, dan professional.

Dijelaskan, dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang beranggapan bahwa kewirausahaan tersebut identik dengan apa yang dimiliki dan hanya dilakukan oleh kalangan pengusaha atau pelaku ekonomi semata.

"Pandangan tersebut tentunya tidaklah tepat, mengingat jiwa kewirausahaan pada dasarnya ada pada setiap orang, yang berpikir kreatif dan bertindak inovatif, serta menyukai perubahan, pembaharuan, kemajuan, dan tantangan," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, berjiwa wirausaha tidak hanya dimiliki oleh kalangan dan pelaku ekonomi semata, tetapi haruslah menjadi komitmen semua pihak, termasuk pemerintah.

"Dengan demikian, berwirausaha harus bersifat fleksibel, dan imajinatif, serta mampu merencanakan, mengambil resiko, serta mengambil keputusan-keputusan dan tindakan-tindakan untuk mencapai tujuan, karena esensi dasar dari kewirausahaan adalah menciptakan nilai tambah melalui proses pengkombinasian sumber daya dalam mewujudkan tujuan bersama," ungkapnya.

Selain itu dikatakan, diresmikan Pojok UMKM yang akan dijadikan sebagai tempat saling bertukar pikiran antara para pelaku UMKM dalam pengembangan usahanya, sekaligus sebagai sarana diskusi dengan konsultan keuangan mitra bank, sehingga dapat memiliki akses permodalan dari perbankan.
Aneka 2521090770448837799

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang