Gubernur Maluku Apresiasi Kegiatan Pasar Keuangan Rakyat | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Gubernur Maluku Apresiasi Kegiatan Pasar Keuangan Rakyat

BERITA MALUKU. Gubernur Maluku Said Assagaff mengapresiasi kegiatan Pasar Keuangan Rakyat (PKR) yang digelar di Ambon, Sabtu (29/10/2016), sebagai salah satu upaya mendukung pelaksanaan program percepatan akses keuangan daerah.

"Kegiatan PKR berdampak positif karena dapat mengembangkan ekonomi masyarakat Maluku," katanya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Bidang Keuangan dan Investasi Daerah Provinsi Maluku, Zulkifli Anwar, saat membuka kegiatan tersebut.

Kegiatan PKR digelar kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku.

Menurut Gubernur, pihaknya akan mengembangkan kebijakan dalam hal mendekatkan keuangan ke masyarakat karena dengan akses itu, lebih meningkatkan kesejahteraan bagi warganya.

Realisasinya sesuai tujuan dari keuangan inklusif yakni setiap anggota masyarakat mendapat berbagai akses pelayanan keuangan formal yang berkualitas, tepat waktu, lancar, aman dengan biaya terjangkau sesuai kebutuhan dan kemampuan masyarakat.

Guberur mengatakan, PKR yang dilaksanakan melibatkan seluruh lembaga keuangan seperti perbankan, asuransi, lembaga pembiayaan, PNM, Jamkrindo, BPJS Ketenagakerjaan, Sekuritas, Telkomsel dan Bank Indonesia.

Setiap bank membawa satu UMKM binaannya dalam rangka memberikan terobosan-terobosan untuk meningkatkan akses keuangan kepada masyarakat di daerah.

"Saya mengakui pembiayaan terhadap UMKM maupun usaha-usaha rintisan selama ini belum banyak terbantu dari Industri Jasa Keuangan. Tentu ini akan memberikan dampak terhadap perekonomian Maluku, sebab UMKM memegang peranan penting dalam mendorong perekonomian nasional dan daerah," ujarnya.

Karena itu, perlu diingatkan agar Industri Jasa Kuangan memaknai peranan ini dengan baik, terkait penyediaan pelayanan keuangan yang dapat diterima oleh masyarakat, sesuai dengan kebutuhan dan mudah untuk diakses dari sisi persyaratan, disamping pelayanan harus aman dan tak beresiko.

"Dengan adanya sinergitas antara pemerintah, industri jasa keuangan dan stakeholder, diyakini tidak hanya akses keuangan yang meningkat, tetapi juga dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan menjawab kesejahteraan masyarakat," kata Gubernur.

Kegiatan PKR menjadi sarana edukasi keuangan kepada masyarakat karena para pengunjung dapat memperoleh informasi berbagai sektor jasa keuangan, produk dan layanan keuangan pada masing-masing bank.
Ekonomi 7749062783524327538

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang