Wali Kota Ternate Serahkan 371 Ternak untuk Disembelih | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Wali Kota Ternate Serahkan 371 Ternak untuk Disembelih

BERITA MALUKU. Wali Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), menyerahkan 371 ternak jenis kambing dan sapi yang akan disembelih pada perayaan Idul Adha yang dipusatkan di lapangan Gelora Kieraha Ternate, Maluku Utara (Malut), Senin.

"Hewan qurban yang diberikan pada Idul Adha 1437 Hijriah, ini sebanyak 243 sapi dan 130 kambing, total 371 ternak yang disembelih," kata Kabag Kesra Pemkot Ternate Mujais Walanda usai pelaksanaan salat Idul Adha di Ternate, Senin (12/9/2016).

Ternak yang diperoleh dari pengelola masjid Al-Munawwar menyerahkan 26 ekor sapi, Pemkot Ternate 14 ekor sapi, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman 8 ekor sapi, Wakil Wali Kota Ternate 2 ekor sapi, Sekkot Ternate Tauhid Soleman 2 ekor sapi dan sejumlah SKPD Pemkot Ternate menyerahkan masing-masing satu ekor sapi.

Usai salat Idul Adha di lapangan Gelora Kieraha Ternate dilanjutkan dengan penyerahan pemotongan hewan kurban oleh Wali Kota Ternate Ternate, Burhan Abdurahman kepada pengurus BKM masjid yang ada di Ternate, kemudian dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya dengan menggunakan kupon.

Menurut Mujais, untuk Idul Adha tahun itu, ternak sapi dan kambing yang disembelih lebih banyak dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2015 lalu, sebanyak 208 ekor sapi dan 85 ekor kambing kepada Pengurus Hari Besar Umat Islam (PHBI).

Mujais mengatakan, makna lebaran Idul Adha ini sebagai upaya dalam rangka menekan angka kemiskinan, karena rezeki yang didistribusikan bagi yang mampu melalui berkurban jangan dimaknai kalau akan mengurangi rezeki, akan tetapi, ketika amalan yang didistribusikan melalui pengorbanan menyediakan hewan kurban, kemudian dibagikan kepada kaum dhuafa akan meningkatkan keimanan dan rezeki bagi pemberi.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman menyatakan, hari raya Idul Adha yang setiap tahun dilaksanakan umat Islam harus dimaknai sebagai bentuk memperbanyak budaya dalam mengurangi beban terutama para janda, anak yatim dan fakir miskin.
Malut 9012471521963651706

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang