Temar: Kompensasi Ratusan WNI Asal Timtim di MTB Jangan Dipangkas | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Temar: Kompensasi Ratusan WNI Asal Timtim di MTB Jangan Dipangkas

BERITA MALUKU. Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Bitzael Temar mengingatkan pembayaran kompensasi kepada ratusan Warga Negara Indonesia(WNI) asal Timor-Timur yang bermukim di daerahnya jangan sampai dipangkas.

"Pembayaran kompensasi sebesar Rp10 juta/ kepala keluarga (KK) sesuai aturan pemerintah harus direalisasikan," kata Bupati di Ambon, Senin (5/9/2016).

Sebab para WNI eks Timtim yang berhak menerima dana kompensasi ini sudah diatur dalam Peraturan Presiden nomor 25 tahun 2016 tertanggal 30 Maret 2016 tentang pemberian kompensasi berupa bantuan langsung.

Menurut Bupati, Perpres itu menyatakan setiap KK eks Timtim yang eksodus ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten MTB berhak mendapatkan kompensasi Rp10 juta dan dibayarkan melalui pihak ketiga.

"Pemotongan dana tidak jelas harus dicegah sejak dini jangan sampai hak mereka dipreteli sepeser pun," ujar Bupati.

Untuk itu, Pemkab MTB juga akan mengundang Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Korban Politik Timor-Timur (DPD Kokpit) kabupaten yang mengelola program ini untuk tidak melakukan pemungutan pada saat pembayaran kompensasi direalisasikan.

Pemkab MTB melarang pemotongan dana kompensasi karena sejak dua tahun lalu ada surat pernyataan yang mengatakan calon penerima kompensasi akan dipotong 15 persen dari total dana yang diterima Rp50 juta untuk disumbangkan kepada organisasi.

Namun setelah Perpres nomor 25/2016 dikeluarkan, kompensasi hanya berjumlah Rp10 juta/KK tanpa potongan satu rupiah pun maka itu ditiadakan.

Rencananya pemberian kompensasi ini akan disalurkan melalui bantuan langsung selambat-lambatnya pada 31 Desember 2016 kepada WNI eks Timtim yang berdomisili diluar Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) pascajejak pendapat pada 1999.

Bupati menambahkan, kompensasi ini merupakan pemberian terakhir yang bersifat final dan diberikan satu kali sehingga tidak ada lagi tuntutan apapun kepada pemerintah.
Daerah 1780412677036978095

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang