Pemkot Ternate Berupaya Perluas Ruang Terbuka Hijau | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Ternate Berupaya Perluas Ruang Terbuka Hijau

BERITA MALUKU. Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) terus berupaya memperluas ruang terbuka hijau di daerah ini untuk mewujudkan wajah kota yang asri dan nyaman.

Kepala Dinas Tata Kota dan Pertamanan (DTKP) Kota Ternate Rizal Marsaoly di Ternate, Jumat (23/9/2016), mengatakan perluasan ruang terbuka hijau itu juga dimaksudkan untuk memenuhi ketentuan luas ruang terbuka hijau di setiap kota minimal 30 persen.

Menurut Rizal Marsaoly, untuk memenuhi ketentuan luas ruang terbuka hijau minimal 30 persen di Kota Ternate sangat sulit, karena kota ini sangat kecil dan umumnya sudah dipenuhi dengan kawasan permukiman, kawasan usaha dan kompleks perkantoran.

Oleh karena itu, menurut Rizal Marsaoly, upaya yang dilakukan Pemkot Ternate untuk menambah luas ruang terbuka hijau di antaranya melalui pembangunan taman kota dengan memanfaatkan lahan-lahan milik pemkot yang ada di sejumlah lokasi di wilayah Kota Ternate.

Pemkot Ternate saat ini tengah membangun taman kota di depan eks Kantor Gubernur Malut yang nantinya akan menjadi taman kota dan sekaligus landmart Kota Ternate dengan berbagai fasilitas seperti air mancur serta tempat bermain anak-anak.

Selain itu, juga tengah dibangun taman kota di belakang benteng oranje yang dilengkapi dengan alat fitnes yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara gratis, selain itu sedang dibangun pula taman kota di Kelurahan Mangga Dua dan Kelurahan Siko, ujarnya.

Pemkot Ternate dalam tiga tahun terakhir telah mengalokasikan anggaran melalui APBD lebih dari Rp15 miliar untuk pembangunan sejumlah taman kota di daerah ini, termasuk untuk pembelian berbagai fasilitas penunjang lainnya seperti peralatan air mancur senilai Rp5 miliar yang didatangkan langsung dari Jerman.

Rizal Marsaoly mengharapkan dukungan dari masyarakat dan kalangan pengusaha di daerah ini untuk ikut membangun taman di lingkungan rumah atau kator masing-masing walaupun luasnya hanya beberapa meter, karena hal itu akan memberi kontirbusi pada upaya perluasan ruang terbuka hijau di daerah ini.
Malut 612598497260792632

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang