Ketua Bawaslu RI Buka Sosialisasi Pengawasan Pilkada di Malteng | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ketua Bawaslu RI Buka Sosialisasi Pengawasan Pilkada di Malteng

BERITA MALUKU. Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Prof. Muhamad membuka kegiatan sosialiasasi Tatap Muka Pengawasan Partisipatif kepada stakeholder dalam rangka pengawalan pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), berlangsung di gedung Maeoku Masohi, Rabu (7/9/2016).

Kegiatan dihadiri Bupati Malteng, Tuasikal Abua dan Wakil Bupati Marlatu Leleury serta sejumlah undangan lainnya, antara lain anggota DPR RI Komisi II, Komarudin Watubun dan Arteria Dahlan dari Fraksi PDIP, Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Fadli Silawane, Ketua Panwas Kota Ambon, Ketua Panwas Malteng dan Ketua Panwas Kabupaten SBB serta sejumlah undangan lainnya.

Ketua Bawaslu RI pada kesempatan itu mengatakan, bahwa partisipasi pemilihan, baik pilkada maupun pemilu harus mengandalkan prinsip gotong royong atau ‘masohi’ sehingga penyelenggara pemilu bisa sukses dan berkualitas.

Dia berharap, hal ini bisa dilakukan di Kabupaten Maluku Tengah sehingga nantinya juga bisa diikuti oleh daerah-daerah lain di tanah air.

“Mari kita mengandalkan prinsip masohi atau gotong royong. Malteng bisa jadi contoh di Maluku maupun Indonesia. Saya optimis Malteng bisa jadi teladan penyelenggara pemilu yang sukses dan berkualitas bila mengedepankan prinsip tersebut," ucapnya.

Ia juga mengharapkan pilkada di Malteng nantinya bisa berjalan mulus di Malteng sehingga tak perlu ada persoalan yang sampai ke Mahkamah Konstitusi.

"Pilkada Malteng tak perlu ke MK cukup rakyat yang menentukan siapa bupati maupun wakil bupati Malteng  nantinya, tak boleh sampai kepada MK, artinya tidak boleh ada masalah. Mohon semua berpartisipasi menyukseskannya. Kalau taat aturan maka tak ada persoalan. Saya yakin prinsip Masohi ke depan harus sesuai UU No 10 2016 tentang pilkada," harapnya.

Pria kelahiran Makassar ini mengatakan, Masohi merupakan kota bersejarah dimana proklamator Bung Karno memberi andil besar dalam penamaan Kota Masohi, sehingga menurutnya prinsip ‘masohi’ dalam menghadapi pilkada perlu dikedepankan.

"Saya baru pertama kali ke  Masohi ibukota Malteng ini. Saya berharap semua unsur yang ada di Kabupaten Malteng harus berpartisipasi dan bertanggung jawab menyukseskan Pilkada seretak 2017 mendatang," harapnya. (KAYUMe)
Pilkada Maluku 4846988145470438728

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang