Direncanakan, Oktober 2016 Dewan Rempah Maluku Dilantik | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Direncanakan, Oktober 2016 Dewan Rempah Maluku Dilantik

BERITA MALUKU. Maluku merupakan salah satu daerah penghasil rempah-rempah dalam hal ini pala dan cengkeh yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia bahkan di dunia. Namun sayangnya hasil cengkeh dan pala yang begitu melimpah belum bisa dikelola dengan baik.

Untuk itu dibutuhkan suatu lembaga organisasi yang bisa merencanakan program dalam mengembangkan rempah-rempah yang ada di daerah seribu pulau ini. Salah satunya melalui dewan rempah yang rencananya akan dilantik pada bulan Oktober 2016 mendatang.

“Sementara kita lagi menyusun komposisi, dan diharapkan oktober sudah bisa dilantik,” kata Kepala Bidang Pengembangan Wilayah, Bappeda Maluku, Djalaludin Salampessy, Minggu (25/9/2016).

Dijelaskan, dewan rempah ini nantinya akan mendesain program dari Pemerintah Provinsi Maluku dalam hal pengembangan rempah-rempah dan menyelamatkan rempah-rempah dari keterperukan. Terutama di daerah-daerah yang merupakan penghasil rempah, antara lain Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur dan Kabupaten Maluku Tengah.

“Misalnya kita mendorong masyarakat untuk tetap mempertahankan kualitas pala dan cengkeh, kita mendorong masyarakat untuk mendapatkan harga yang layak. Artinya dari aspek wirausaha harus dikembangkan,” tuturnya. 

Menurutnya, rempah-rempah yang ada bukan hanya di dasari pada pemahaman untuk menanam, memetik, tetapi menjadi rempah-rempah sebagai symbol potensi ekonomi. Hal ini, yang akan menjadi bahan diskusi bersama antara Pemerintah dan dewan rempah.

Ditanya, soal Museum Rempah, menurut Salampessy, hal tersebut akan terus diperjuangkan bersama dengan teman-teman peniliti dari Universitas Pattimura, untuk dibicarakan dengan Pemda Maluku.

“Sangat lucu, kita kaya akan histori tentang rempah namun kita tidak mempunyai museum rempah. Museum rempah ini nantinya akan dikembangkan sebagai ikon Maluku,” pungkasnya.
Aneka 2456390433252416797

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang