Maluku Jadi Target Bebas Kawasan Kumuh, Program KOTAKU Disosialisasikan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Maluku Jadi Target Bebas Kawasan Kumuh, Program KOTAKU Disosialisasikan

BERITA MALUKU. Pemerintah Pusat (Pempus) telah menargetkan pencapaian 100-0-100, yakni memberikan akses air minum 100 persen, mengurangi kawasan kumuh hingga nol persen, serta menyediakan sanitasi layak 100 persen untuk masyarakat Indonesia diakhir tahun 2019 nanti.

Dengan demikian untuk mencapai hal tersebut, sebagai langkah awal, haruslah membangun kesepahaman para stakeholder terhadap konsep dan pendekatan melalui program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

Kepala Bidang Pengeangan Wilayah dan Kerjasama Pembangunan Bappeda Provinsi Maluku, Dr.Djalaludin Salampessy, M.Si menjelaskan, kalau program KOTAKU ini sangta tepat untuk menangani permukiman kumuh di wilayah perkotaan.

Kegiatan yang digagas oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan Program KOTAKU di 269 Kabupaten/Kota.

“Di Maluku ini, secara admistrasi ada dua kota yakni Ambon dan Tual. Seperti perkotaan lainnya, kumuh selalu menjadi masalah,” ujarnya, Senin 29 Agustus.

Ia menyampaikan bahwa Program KOTAKU menggunakan sinergi platform kolaborasi antara pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya di kabupaten/kota serta Pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat untuk mempercepat penanganan kumuh perkotaan dan gerakan 100-0-100 dalam rangka mewujudkan permukiman yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

“Target, bagaimana masyarakat terpenuhi air minumnya, sistem drainase yang baik, sistem persampahan yang baik melalui program ini, dan bila setengah dari target itu bisa dicapai oleh Maluku, maka tentu itu sudah sangat baik,” tandasnya.
Aneka 407596190113528694

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang