Jaksa Agendakan Pemeriksaan Mantan Dirut PT. Bank Maluku-Malut | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Jaksa Agendakan Pemeriksaan Mantan Dirut PT. Bank Maluku-Malut

BERITA MALUKU. Tim penyidik Kejaksaan Tinggi Maluku mengagendakan pemanggilan mantan Direktur Utama PT Bank Maluku-Maluku Utara, Dirk Soplanit untuk dimintai keterangan seputar skandal pembelian lahan dan bangunan guna pembukaan kantor cabang di Surabaya (Jatim).

"Agenda pemeriksaannya sudah disusun dan tim dalam waktu dekat akan memanggil mantan dirut BUMD milik Pemprov Maluku tersebut," kata Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejati Maluku, Sammy Sapulette di Ambon, Rabu kemarin.

Penyidik Kejati Maluku saat ini telah menetapkan tiga tersangka yang diduga terlibat dalam skandal pembelian lahan dan bangunan guna pembukan kantor cabang di Surabaya senilai Rp54 miliar tahun 2014 lalu.

Menurut Sammy, mantan Dirut PT BM-Malut ini nantinya akan dimintai keterangan sebagai saksi guna melengkapi berkas acara pemeriksaan empat tersangka diantaranya IR alias Idris selaku mantan dirut, PRT alias Petro yang merupakan mantan Kepala Divisi Resntra dan Corsek, serta HAT alias Hentje yang merupakan pihak ketiga dan terlibat dalam proses pembelian aset tersebut.

Kejaksaan Tinggi juga sudah melakukan pertemuan dengan BPKP RI Perwakilan Maluku untuk meminta lembaga itu melakukan audit investigasi.

Secara terpisah, mantan Dirut PT BM-Malut Dirk Soplanit mengakui dirinya bersedia memenuhi panggilan tim penyidik kejati untuk memberikan keterangan sebagai saksi.

"Rencana pembelian aset untuk pembukaan kantor cabang Surabaya itu memang sudah lama diwacanakan, tetapi mekanismenya tidak mudah dan membutuhkan waktu," ujar Dirk Soplanit.

Sebagai langkah awal, harus dilakukan penjajakan oleh petugas bank baru nantinya dilanjutkan dengan evaluasi namun langkah ini pun membutuhkan waktu bertahun-tahun, seperti rencana pembukaan kantor Cabang di Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah yang sampai saat ini belum terealisasi meski pun gedung kantornya sudah dibangun.

"Jadi rencana pembukaan kantor cabang di Surabaya itu memang usdah lama ada, tetapi realisasi lanjutannya tidak pernah terlaksanakan sampai berakhir masa tugas saya sebagai direktur utama di PT BM-Malut," akui Dirk Soplanit.
Hukrim 5877707121814665375

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang