"Indonesia Kerja Nyata" Jadi Insiprasi Bangun Maluku | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

"Indonesia Kerja Nyata" Jadi Insiprasi Bangun Maluku

BERITA MALUKU. Gubernur Maluku, Said Assagaff mengungkapkan, tema Hari Ulang Tahun (HUT) Ke- 71 Kemerdekaan Republik Indonesia “Indonesia Kerja Nyata”, merupakan insiprasi dalam membangun Maluku, terutama melewati banyak peristiwa sejarah yang ikut memperkaya kehidupan kebersamaan, diantaranya, suksesnya event politik melalui serangkaian pelantikan Bupati/Walikota hasil pemilihan kepala daerah secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk empat di Provinsi Maluku, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Seram Bagian Timur, dan Kabupaten Kepulauan Aru, adalah tanggungjawab bersama yang sudah dilaksanakan dengan baik.

Meskipun banyak kalangan yang meragukan bahwa eksistensi Maluku sebagai daerah berciri kepulauan pasti akan menjumpai tantangan rentang kendali yang tidak mudah. Namun pengalaman mengelola Pilkada di daerah ini dalam konteks kepulauan, ternyata sudah melahirkan prestasi politik yang tidak ternilai.

"Rentang batas laut-pulau telah berhasil kita kelola sevara politis, dan ini merupakan suatu indikasi bahwa laut telah menjadi pemersatu dalam strategi perpolitikan kita di Maluku. artinya demokrasi di Maluku harus dibangun prespektif wawasan laut-pulau itu sendiri," kata Gubernur.

Kedua, program pemerintah pusat yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, merupakan peluang bagi Maluku sebagai daerah kepulauan terbesar di Indonesia untuk menjadi poros maritim Indonesia.
"Menjadikan Maluku sebagai poros maritime Indonesia, akan mendorong berkembangnya armada-armada laut perintis guna membuka aksesbilitas dan konektivitas antar pulau. Strategi ini didukung dengan membangun infrastruktur transportasi laut, darat, jalan dan jembatan sebagai prasarana pembangunan wilayah, agar mampu mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah demi tercipotanya kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

"Ketiga, sejak kami dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, kosekuensi kita untuk terus membangun dan memantapkan visi dan misi pembangunan Maluku yang rukun, religius, damai, sejahtera, aman berkualitas dan demokratis dijiwai semangat siwalima berbasis kepulauan terus digelorakan. Harapan kami, visi dan misi pembangunan tahun 2014-2019 ini bisa menuntun langkah dan perjuangan kita membangun tanah siwalima ke depan. Hal ini dapat kita lihat dalam perkembangan pembangunan Maluku yang terus tumbuh dari waktu ke waktu."

Keempat, situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di Provinsi Maluku semakin hari semakin kondusif. Hal ini dapat terwujud karena konsolidasi yang baik antara pemerintah daerah dan jajaran TNI/Polri, serta kesadaran warga masyarakat yang semakin memahami pentingnya. Stanilitas keamanan dan ketertibaan umum. Teristimewa semangat hidop orang basudara dan nilai-nilai kearifan lokal, seperti pela-gandong, telah menjadi modal social kultural dalam membangun kerukunan hidup antar umat beragama di daerah ini.

Kelima, berbagai event nasional dan internasional yang pernah dilaksanakan di Maluku, telah berhasil membawa kita sebagai provinsi yang semakin di kenal dunia. Ini membuktikan bahwa Maluku mulau termasyur dan makin maju dan bahkan bulan febuari nanti, kota Ambon ibukota provinsi Maluku kembali dipercayakan sebagai rtuan rumah pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN). Ini merupakan kepercayaan sekaligus amanag yang harus diemban oleh pemerintah dan masyarakat Maluku. saya mengajak kita semua, untuk mensukseskan agenda nasional ini.

Menurutnya, tema “Indonesia Kerja Nyata” bukanlah slogan semata, melainkan sebuah gerakan yang harus dilakukan dengan penuh keinsyafan, yaitu kernja yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh anak bangsa. Karena tantangan besar yang akan dinhadapi bangsa Indonesia dan masyarakat Maluku kedepan dalam aras nasional, regional dan global memerlukan suatu upaya bersama yang melibatkan seluruh anak bangsa.

Diakhir pidatonya, Gubernur berterima kasih dan memberikan penghargaan kepada seluruh elemen masyarakat Maluku yang terus mendukung terselenggaranya pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di bumi Siwalima ini. Saya berharap, dukungan dan kerjasama ini semakin ditingkatkan dalam berbagai kebijakan dan program pembangunan daerah di masa mendatang.
Birokrasi 4705502920545070430

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang