Dua Daerah di Maluku Diguncang Gempa Tektonik 5 SR | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Dua Daerah di Maluku Diguncang Gempa Tektonik 5 SR

Gempa MBD
BERITA MALUKU. Dua hari Provinsi Maluku diguncang gempa tektonik 5 Skala Richter pada dua wilayah berbeda, masing-masing di kabupaten Buru dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Data yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika( BMKG) menyebutkan pada, Sabtu (13/8/2016) gempa mengguncang Timur Laut pulau Buru pukul 03:38 WIT dengan kekuatan gempa 5,0 Skala Richter (SR), episentrum 3.27 Lintang Selatan dan 127.37 Bujur Timur. Dan kedalaman gempa 24 Km di bawah permukaan laut   

Sedangkan gempa tektonik berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) terjadi di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) pada Minggu, sekitar pukul 13.18 WIT dengan episentrum gempa berada 6.40 Lintang Selatan dan 127.10 Bujur Timur, kedalaman 10 KM di bawah permukaan laut.

Lokasi gempa baik di kabupaten Buru maupun Kabupaten MBD tidak berpotensi terjadi gelombang pasang (tsunami).

Gempa Buru
Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia yang masuk ke bawah lempeng Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik, sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.
Bencana Alam 2509638029861017564

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang