Berkurang Aktivitas Gamalama, Bandara Babullah Ternate Kembali Dibuka | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Berkurang Aktivitas Gamalama, Bandara Babullah Ternate Kembali Dibuka

BERITA MALUKU. Unit Pelaksana Penyelenggara Bandar Udara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara menyatakan kembali membuka penerbangan dari dan ke bandara itu pada Sabtu (6/8) pukul 08.30 Wit, menyusul berkurangnya aktivitas erupsi Gunung Gamalama.

"Kita telah melakukan koordinasi dengan BMKG dan Pusat Vulkanologi mengenai dibuka aktivitas penerbangan, sudah ada rekomendasi untuk membuka aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Babullah Ternate," kata Kepala Unit Pelaksana Bandara Sultan Babullah Ternate, Anung Bayumurti di Ternate, Sabtu (6/8/2016).

Sebelumnya, pihak UPPBU Bandara Sultan Babullah Ternate menutup aktivitas Bandara Babullah Ternate hingga Sabtu (6/8) pukul 11.00 Wit, tetapi karena kondisi cuaca dan aktivitas erupsi Gunung Gamalama cenderung turun, sehingga UPPBU percepat jadwal dibukanya aktivitas Bandara Babullah Ternate hingga pukul 08.30 Wit.

Dia menyatakan, alasan dibukanya aktivitas Bandara Sultan Babullah Ternate ini karena sesuai rekomendasi Pusat Vulkanologi menyatakan kalau aktivitas Gunung Api Gamalama cenderung menurun dan tidak lagi mengeluarkan abu vulkanik dan hanya asap dari kawah gunung tersebut.

Begitu pula, kata Anung, pihak BMKG Ternate juga merekomendasikan kalau cuaca di wilayah Ternate dan sekitarnya sangat bagus serta mendapat izin dari Direktur Navigasi Dirjen Kementerian Perhubungan Udara, sehingga aktivitas Bandara Sultan Babullah Ternate dibuka kembali.

Menurut Anung, setelah dibukanya aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Babullah Ternate itu, maka untuk flight pertama rencannya pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Sam Ratulangi Manado pukul 13.00 Wit dan Sriwijaya Air dari Makassar, kemudian disusul pesawat Batik Air dari Makassar menuju Ternate pada pukul 17.00 Wit.

Sedangkan untuk dua pesawat boing Srijaya Air boing 737-800 jurusan Makassar dan Jakarta serta satu pesawat Garuda Indonesia tujuan Ternate-Jakarta belum bisa digunakan, karena menunggu tim teknis kedua maskapai yang hari ini tiba melalui Bandara Kuabang, Kao Pulau Halmahera.

Ketiga pesawat yang terparkir di apron Bandara Babullah Ternate itu kemungkinan besar digunakan pada Minggu (7/8) Sore nanti setelah diperiksa tim teknis dari Jakarta dan penumpang dari Ternate ke sejumlah kota lainnya akan menggunakan maskapai lainnya yang mulai tiba ke Ternate pukul 13.00 Wit nanti, katanya.
Malut 6560721772456409717

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang