Pieris: Linmas Jadi Garda Terdepan Ujung Tombak Stabilitas Keamanan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pieris: Linmas Jadi Garda Terdepan Ujung Tombak Stabilitas Keamanan

BERITA MALUKU. Untuk menjaga ketertiban dan keamanan yang kondusif mulai dari tingkat Desa dan hingga maka Dinas Pemerintah Provinsi Maluku melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas, Provinsi Maluku, kemudian membentuk Linmas. 

Pembentuk Linmas dirasakan sangat baik oleh anggota DPD RI, Jhon Pieris.

Menurut Pieris, Linmas merupakan garda terdepan ujung tombak dalam menciptakan stabilitas keamanan kondusif.

“Kita tahu sendiri aparat TNI/polri sangat terbatas, sehingga belum mampu untuk mengatasi persoalan social di masyarakat seperti konflik, kejahatan dalam rumah tangga, narkoba dan lain sebagainya. Untuk itu, dibutuhkan peran Linmas dalam mencegah dan mengatasi persoalan tersebut,” ujar Jhons Pieris dalam tatap muka bersama Linmas batu merah, kelurahan manga dua dan kudamati, berlangsung di lantai VII kantor Gubernur Maluku, Kamis (21/7/2016). 

Selama ini kata Pieris, kehadiran Linmas di tengah-tengah masyarakat dirasakan kurang bermanfaat dan menjadi momok. Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa Linmas bukan menjadi momok masyarakat, tetapi menjadi momok bagi orang yang berbuat kejahatan, mabuk-mabukan, narkoba, kejahatan rumah tangga.

Untuk kesejahteraan Linmas, Ungkap Pieris dirinya akan memperjuangkan hal tersebut. Apalagi Linmas tidak mendapat gaji pokok, hanya mendapatkan tunjangan yang diberikan dua bulan sekali.

Sementara itu, Kasad Pol PP dan Linmas Provinsi Maluku, Jusuf Putirulan mengungkapkan, sampai saat ini ada Kabupaten/kota belum membentuk Linmas. Untuk mendorong hal tersebut, kata Putirulan, Pemerintah Provinsi Maluku hanya bisa mengkoordinir, membina dan mengawasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Jika hal ini tidak dilakukan oleh kabupaten/kota, maka fungsi Linmas dalam membantu penyelenggaraan, ketentraman dan ketertiban akan hilang. Terutama menjelang pilkada serentak di lima kabupaten/kota, yakni kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Kabupaten Buru, 2017 mendatang,” ujarnya.
Aneka 3593766154471700927

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang