Pempus Bangun Pabrik Es di Taliabu | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pempus Bangun Pabrik Es di Taliabu

BERITA MALUKU. Pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemdes PDTT) akan membangun pabrik es di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut).

Asisten I Setda Pulau Taliabu Ma'ruf di Ternate, Selasa (12/7/2016), mengatakan pembangunan pabrik es tersebut adalah untuk menjawab keluahan nelayan terkait dengan pengadaan es bagi pengawetan ikan tangkapan mereka.

"Namun, dengan adanya pabrik es balok yang nantinya akan dikelola dinas terkait akan menjawab persoalan nelayan baik dari utara sampai selatan terutama bagi para pembeli ikan timbangan ataupun nelayan yang menjual ikannya di daerah lain," katanya.

Ma'ruf menyebut Kemendes PDTT tinggal menunggu surat dari pemkab mengenai lokasi untuk pabrik es tersebut.

"Mereka tinggal menunggu surat dari pemda untuk lokasinya dan setelah itu, pihak kuasa anggaran akan melakukan pengukuran dan pekerjaan," ujarnya.

Ma'ruf menambahkan akan segera bertemu para bupati untuk membahas pengadaan lokasi tersebut yang diharapkan tidak jauh dari pelabuhan.

Sebelumnya, sejumlah nelayan di Kabupaten Pulau Taliabu meminta pemerintah daerah membangun pabrik es, karena selama ini mengalami kesulitan mendapatkan es balok untuk mendukung usaha penangkapan ikan.

Selama ini, persedian es kurang sedangkan pasokan ikan relatif tinggi dan tanpa es maka daya tahan ikan tangkapan itu tidak akan lama.

Oleh karena itu, nelayan berharap dengan adanya pabrik es itu maka nelayan tidak perlu lagi menjual ikan dengan cara mendatangi pintu warga dan mengelilingi kampung karena ikan akan lebih tahan lama.
Malut 1032628377236436339

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang