Silawane Lantik 15 Anggota Panwaslu Lima Kabupaten/Kota | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Silawane Lantik 15 Anggota Panwaslu Lima Kabupaten/Kota

BERITA MALUKU. Kepala Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku, Fadli Silawane melantik 15 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) lima Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, masing-masing Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Buru dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

Pelantikan berlangsung di lantai VII kantor Gubernur Maluku, Jumat (17/6/2016).

Silawane dalam sambutannya mengungkapkan, sebelum pelantikan, ke-15 anggota Panwaslu sudah melalui proses penjaringan yang dilakukan oleb tim seleksi yang dibentuk berdasarkan legalitas dalam bentuk SK, melibatkan tokoh masyarakat, akademisi, serta tim dari Bawaslu RI.

Selain itu, proses penjaringan sudah melalui etape yang sangat panjang, sehingga dapat dikatakan ke-15 anggota Panwaslu yang terpilih merupakan orang terbaik.

"Mereka inilah yang akan menjadi ujung tombak dalam pengawasan Pemilu. Sehingga saya berharap pelantikan dapat dimaknai secara komprehensif," ucapnya.

Dirinya meminta kepada 15 anggota Panwaslu yang baru dilantik untuk memperhatikan perubahan kedua Undang-Undang 1, yang memberikan kewenangan signifikan.

Untuk itu, Panwaslu harus memastikan kewenangan berbadasarkan sistimatis terkait sanksi administrasi, pembatalan calon dan lain sebagainya.

Silawane mengatakan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan baik, pertama anggota Panwaslu harus memastikan kinerja KPUD kabupaten terkait persiapan penjaringan lembaga adhok. Persiapkan sumber daya manusia (SDM) di tingkat kecamatan, PPS dan TPS mengingat saat ini tahapan Pilkada sudah mulai berjalan.

Mendekatkan pencegahan dan penindakan bahwa disetiap tahapan tidak adalagi presentasi jumlah pelanggaran, namun dalam pencegahan proses pemilihan harus bersandar pada undang-undang. Pastikan kewenangan tetap berdasarkan undang-undang dengan komitmen dan tanggungjawab yang tinggi, serta dapat berkoordinasi dengan pemda setempat, mengingat Bawaslu telah melakukan pendekatan dengan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku untuk meminta Pemda kabupaten/kota menyiapkan anggaran pengawasan dalam tahun ini.

Sementara itu, Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua mengatakan, pelantikan 15 anggota Panwaslu merupakan langkah awal mempersiapkan diri pada pemilu yang berlangsung 17 Febuari 2017 mendatang.

"Pemilu adalah manivestasi pada hak kedaulatan sebagai satu cerminan untuk membawa yang dipimpin oleh kepala daerah yang wibawah dalam membawa daerahnya denga baik," ujarnya.

Menurutnya, pengawasan terhadap pemilu merupakan tanggungjawab yang kerja yang berat dan harus dijalankan dengan sebaik baiknya. Sebagai bentuk pewrujudan demokrasi yang berhasil dan akan dilihat pada pemilu apakah bisa dicapai dengan baik.

Dirinya mengajak seluruh anggota Panwaslu untuk membangun koordinasi dan kerjasama dengan semua stakeholder, baik itu bupati/walikota, tokoh masyarakat, agama, pimpinan partai politik, dan KPU yang bekerja secara legalitas.

"Apabila saudara tidak menjalankan tugas pengawasan tidak netral, maka tentu akan berdampak pada nama baik Panwaslu. Untuk itu, saya tekankan jabatan bukan untum mencari sesuatu tetapi pengabdian kepada negara," tukasnya.

Dirinya percaya setiap anggota Panwaslu dapat menjalani tugas dan tanggungjawabnya dengan baik. Sehingga seluruh proses tahapan pemilu bisa berjalan dengan baik pula.

Dijelaskan, sebagai daerah berciri kepulauan tentunya menjadi tantangan bagi setiap anggota Panwaslu dalam melakukan pengawasan ke daerah terpencil, terutama Kabupaten MTB dan Maluku Tengah, mengingat kedua daerah ini memiliki sejumlah daerah yang terpencil dan jarak tempuh juga memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini tentunya tidam boleh menjadi alasan, namun bekerja secara profesional.

"Tunjukan dedikasi loyalitas pengabdian bahwa bekerja bukan kepentingan lain, tetapi untuk masyarakat Indonesia terkhususnya MTB dan Malteng," pintanya.
Pilkada Maluku 8784575765045442010

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang