Nelayan Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi di Laut Banda | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Nelayan Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi di Laut Banda

BERITA MALUKU. Para nelayan tradisional diimbau mewaspadai gelombang tinggi mencapai tiga meter di laut Banda, kabupaten Maluku Tengah, pada beberapa hari ke depan.

"Gelombang setinggi tiga meter berbahaya bagi nelayan yang hendak menangkap ikan dengan armada tradisional," kata Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon, George Mahubessy, Minggu (19/6/2016).

Imbauan tersebut telah diteruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku maupun sembilan kabupaten dan dua kota. Begitu pun, kepada para Bupati maupun Wali Kota se- Maluku Karena itu, para nelayan yang hendak menangkap ikan diminta tidak memaksakan diri melaut hanya dengan mengandalkan armada tradisional.

"Armada tradisional berupa perahu yang biasanya disebut ketinting tersebut tidak kuat menahan gempuran ombak setinggi tiga meter sehingga lebih baik mengantisipasi kemungkinan terjadinya musibah laut," ujar George.

Syukurlah, tinggi gelombang di laut Banda itu tidak diperburuk hembusan angin yang hanya di bawah 20 km/jam.

"Hanya saja, kondisi cuaca di laut Banda kemungkinan hujan ringan sehingga bila nelayan hendak melaut juga perlu memperhatikannya," kata George.

Dalam kondisi cuaca ekstrem, maka Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar, bahkan jika dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru.

Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan.
Aneka 5715865637807772418
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks