Maluku Utara Siapkan 50 Kapal Angkutan Lebaran | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Maluku Utara Siapkan 50 Kapal Angkutan Lebaran

BERITA MALUKU. Maluku Utara menyiapkan 50 kapal untuk mendukung angkutan mudik dan balik Lebaran 2016 di daerah ini baik untuk tujuan antarpulau di wilayah Malut maupun dengan provinsi lain.

Kepala Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Malut Burhan Mansyur di Ternate, Senin (13/6/2016), mengatakan dari 50 kapal yang disiapkan tersebut, empat kapal di antaranya merupakan kapal penumpang PT Pelni, 10 kapal feri dan sisanya kapal pelayaran rakyat.

Khusus untuk angkutan mudik dan balik lebaran jarak dekat, seperti Ternate-Tidore dan Ternate-Sofifi, ibu kota provinsi Malut disiapkan armada semut berupa speed boat sebanyak 300 unit, yang kesemuanya dalam kondisi layak, baik dari segi fisik speed boat maupun mesinnya.

Burhan Mansyur mengatakan, dengan jumlah 50 kapal dan 300 speed boat tersebut diperkirakan sudah bisa melayani angkutan mudik dan balik lebaran di Malut, yang pada tahun ini diperkirakan akan meningkat 2-3 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pusat aktivitas mudik dan balik lebaran di Malut akan terjadi di Kota Ternate, daerah ini merupakan pintu utama keluar masuk Malut melalui jalur laut, terutama untuk kapal penumpang PT Pelni dengan tujuan sejumlah kota di wilayah Papua, Sulawesi dan Jawa.

"Untuk menjamin kelancaran arus mudik dan balik lebaran di Malut, Dishubkominfo bersama instansi terkait lainnya telah menyiapkan sejumlah posko, selain itu juga melakukan pemeriksaan terhadap semua kapal yang akan melayani angkutan mudik dan balik lebaran," katanya.

Masyarakat Malut yang akan mudik lebaran diimbau untuk ikut berperan aktif untuk mendukung kelancaran arus mudik, di antaranya dengan cara harus memiliki tiket dan tidak memaksakan diri naik ke kapal jika penumpang di kapal sudah padat.

Menyinggung angkutan mudik dan balik lebaran melalui jalur udara, menurut Burhan Mansyur, juga tidak ada masalah karena di Malut sedikitnya ada lima perusahaan penerbangan nasional yang melayani penerbangan dari dan ke daerah ini setiap hari.
Malut 2263285441983646145

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang