Kelompok Nelayan Rumput Laut Aru Butuh Sentuhan Pemerintah | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kelompok Nelayan Rumput Laut Aru Butuh Sentuhan Pemerintah

BERITA MALUKU. Kelompok nelayan budidaya rumput laut di Kabupaten Kepulauan Aru Maluku, saat ini sangat membutuhkan sentuhan pemerintah dalam memberikan bantuan modal dalam mengembangkan usahanya.

"Kelompok nelayan Bina Gerakan Maju dibentuk sejak dua tahun lalu guna membantu perekonomiaan mereka tetapi belakangan ini usahanya jadi terhambat akibat minimnya anggaran operasional," kata Raymond Gandakari yang dihubungi dari Ambon, Sabtu (18/6/2016).

Raymond merupakan kader Partai Gerindra yang memiliki kepedulian terhadap masalah ekonomi warga di Kepulauan Aru dan membentuk kelompok nelayan budidaya rumput laut yang bertujuan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat nelayan di daerah itu.

Sejak dibentuk tahun 2014 lalu dengan satu kelompok nelayan saja, perkembangan usaha budidaya rumput laut ini menunjukan kemajuan yang signifkan dan berkembang menjadi lima kelompok usaha dalam satu desa dan terus bertambah menjadi 20 kelompok pada beberapa desa lainnya.

Namun hingga pertengahan tahun 2016 ini, hanya tersisa beberapa kelompok saja yang masih berjalan aktif, sementara sisanya sudah mulai gulung tikar dan tidak melanjutkan lagi usahanya akibat kesulitan modal usaha.

"Kami memang sudah berusaha membantu kelompok nelayan dengan memberikan tali dan bibit rumput laut, tetapi ada juga kendala lain yang dihadapi seperti masalah cuaca sehingga tidak bisa kerja terus, karena hanya bulan-bulan tertentu saja bisa dilakukan budidaya rumput laut terutama Bulan September sampai Desember," jelasnya.

Soal hasil panen, Gandakari menyebutkan, satu kelompok bisa menghasilkan700 kilogram lebih rumput laut dan sejak tahun 2014 tlalu elah berhasil melaksanakan panen sebanyak tiga kali.

"Hasil panen tersebut kemudian di keringkan, dan dijual untuk para pengusaha di Dobo, Ibukota saja, Kabupaten Kepulauan Aru saja, karena belum adanya peraturan daerah (perda) yang mengatur tentang pemasaran rumput laut tersebut," katanya.

Sehingga pengusaha hanya bisa membeli rumput laut kering dengan harga Rp7.000 - Rp10.000 rupiah per kilogram.
Aneka 6749111423462118034

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang