Pemprov Diminta Serius Perhatikan Kasus Penyelundupan Material Tambang Romang | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemprov Diminta Serius Perhatikan Kasus Penyelundupan Material Tambang Romang

BERITA MALUKU. Anggota DPRD Maluku, Melki Frans menyatakan saatnya Pemprov dan DPRD Provinsi Maluku untuk lebih serius memberikan perhatian dalam penanganan kasus penyelundupan material emas asal Pulau Romang di Kabupaten Maluku Barat Daya yang tertangkap di Nusa Tenggara Barat.

"Seharusnya ada respon positif Pemprov bersama DPRD Maluku untuk melihat permasalahan seperti ini dengan mengambil langkah konkrit dalam menyikapinya," kata anggota DPRD Maluku, Melki Frans di Ambon, Senin (16/5/2016).

Menurut dia, pemerintah daerah melalui instansi terkait bersama komisi B di DPRD Maluku yang membidangi masalah pertambangan bisa mengirimkan tim ke NTB.

Kemudian aparat kepolisian dari Polda Maluku juga dilibatkan dalam tim untuk berkunjung ke sana guna memastikan matrial yang disita itu mengandung emas, ataukah yang sudah dioleh menjadi batangan emas.

"Ini adalah persoalan serius yang perlu disikapi baik oleh pemerintah dan DPRD maupun aparat kepolisian," kata anggota DPRD Maluku asal dapil Kabupaten MTB dan MBD ini.

Apalagi masyarakat adat Pulau Romang selama ini melakukan perlawanan terhadap keberadaan perusahaan yang melakukan eksplorasi di sana dengan cara melakukan penyerobotan lahan.

Kemudian koalisi 'Save Romang Island' juga telah mendesak aparat TNI dan Polri mengusut tuntas kasus penyelundupan dua ton emas dari Pulau Romang yang dilakukan pihak PT. Gemala Borneo Utama (GBU).

Menurut Christian Sea dari koalisi 'Save Romang Island, siapa pun yang terlibat dalam kasus penyelundupan emas ini, baik PT. GBU maupun pihak yang terlibat di dalamnya harus diusut tuntas dan kami juga mendesak Pemprov Maluku mencabut izin PT. GBU.

Mereka dengan tegas juga menolak aktivitas PT. GBU di pulau tersebut dalam bentuk apa pun, serta mengutuk keras setiap pihak yang terlibat dalam skenario pencurian dan penyelundupan emas di Pulau Romang.
Dewan 1372841547689884830

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang