Landasan Pacu Bandara Rar Gwmar Dobo Diperlebar | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Landasan Pacu Bandara Rar Gwmar Dobo Diperlebar

BERITA MALUKU. Kementerian Perhubungan RI dalam tahun ini telah memprogramkan pelebaran landasan pacu Bandara Rar Gwamar Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku agar bisa didarati pesawat yang ukurannya lebih besar.

"Bila program pelebaran bandaranya sudah rampung baru ada kemungkinan kita ajukan lagi permohonan penambahan armada penerbangan ke Dobo," kata Kepala Dinas Perhubungan Maluku Benny Gazpersz di Ambon, Selasa (17/5/2016).

Selama ini jalur penerbangan Ambon-Dobo hanya dilayani satu pesawat terbang milik maskapai Trigana Air berkapasitas 40 tempat duduk.

Bandara tersebut memiliki landasan pacu sepanjang 1.300 meter tetapi lebarnya hanya 23 meter dan apron bandara yang amat sempit hanya bisa diparkirkan satu pesawat terbang.

Kemudian Wings Air berencana melayani rute tersebut dan sudah dilakukan uji pendaratan pada akhir Maret 2016.

Menurut dia, Bandara Dobo perlu pelebaran sehingga kemarin memang sudah ada rekomendasi dari kementerian kepada Wings Air tetapi setelah diteliti kondisi bandaranya maka rekomendasi itu ditunda lagi.

"Selanjutnya setelah selesai bandara dikembangkan, kemungkinan baru kita ajukan lagi, karena tahun ini sudah ada program dari kementerian untuk memperlebar landasan pacu Bandara Rar Gwamar," ujar Benny Gazpersz.

Sebelumnya Ketua DPRD Kabupaten Kepuluan Aru, Andre Limbers juga mengakui posisi apron bandara perlu dipindahkan ke lokasi yang lebih aman agar tidak dekat jalan raya.

"Kalau melihat kondisi apron sekarang ini sudah tidak tepat karena berdekatan dengan jalan raya yang hanya dipisahkan oleh pagar pembatas," katanya.

Akibatnya, bila ada pesawat terbang yang ukurannya lebih besar dengan sayap panjang lebih dari 15 meter tentu akan melewati pagar pembatas ketika berputar menuju landasan pacu untuk melanjutkan penerbangannya.

Kemudian lahan apron yang begitu kecil hanya bisa ditempati satu pesawat saja sehingga perlu dilakukan pemindahan lokasi yang lebih luas dan aman.

"Sebenarnya ini masalah sangat tekhnis yang harus ditangani Dinas Perhubungan, tetapi kami mendorong upaya pemindahan lokasi apron yang lebih aman," katanya.
Perhubungan 1592620282232011798

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang