Ruas Jalan ke Kantor Camat Lolong Guba Buru Memprihatinkan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ruas Jalan ke Kantor Camat Lolong Guba Buru Memprihatinkan

BERITA MALUKU. Ruas jalan menuju Kantor Kecamatan Lolong Guba, Kabupaten Buru cukup memprihatinkan. Padahal masyarakat yang tinggal di wilayah ini setiap hari berurusan di kantor pemerintah tersebut.

Pemandangan ini cukup ironis, mengingat Pemda Buru selalu gembar-gembor melaksanakan pembangunan daerah di segala bidang terutama menyangkut pembangunan infrastruktur jalan untuk mempermudah mobilisasi masyarakat di kabupaten julukan Bupolo tersebut.

“Entah mengapa ruas jalan menuju kantor kecamatan sudah sekian lama tidak dibangun pihak Pemerintah Daerah,” kata Besan, salah satu pemerhati masalah pembangun Kabupaten Buru kepada Berita Maluku Online, Jumat (15/4/2016).

Dia berharap Pemda Buru dibawah pimpinan Ramly Umasugi menyikapi hal ini mengingat masyarakat yang tinggal di desa-desa dalam wilayah administratif Kecamatan Lolong Guba setiap hari berurusan di kantor tersebut.

“Untuk itu, kita minta Pemda Buru melalui Dinas Pekerjaan Umum dapat membangun sarana jalan ini sehingga urusan masyarakat di kantor tersebut bisa lancar,” pintanya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Persekutuan Hukum Adat Dataran Rendah Pulau Buru yang berdiam di Desa Kujalani, Kecamatan Lolong Guba, Mandailing Besan. Lelaki ini mengatakan selain ruas jalan menuju kantor Kecamatan tersebut yang tidak layak, jalan poros menuju desa yang ditinggalinya pun tidak ada perhatian serius.

Bahkan lelaki yang biasa disapa Me’nolong Badan ini menambahkan, sejak republik ini merdeka dari tangan penjajah, dan kabupaten Buru jadi kabupaten definitif sekitar dua dekade lalu, ruas jalan menuju ke desanya tidak ada perkembangan berarti, membuat kehidupan mereka jauh tertinggal dari pembangunan yang digencarkan Pemerintah RI selama ini.

Padahal, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Buru, Pudji Wahono yang dikonfirmasi soal keberadaan jalan menuju kantor Kecamatan Lolong Guba dan Desa Kujalani di Kantor DPRD Buru beberapa waktu lalu berjanji ruas jalan di wilayah tersebut dalam waktu dekat pasti dibangun, namun kenyataannya, janji yang disampaikan pejabat ini hanya isapan jembol belaka sebab hingga kini tak ada pembangunan jalan menuju wilayah tersebut.

“Sebagai masyarakat kecil, kami hanya bisa mengharap agar jalan ini bisa dibuat dengan baik supaya kami nyaman pulang – pergi ke desa kami untuk menjual hasil kebun, urusan sekolah anak-anak dan mengurusi keperluan administrasi di kantor kecamatan atau di Namlea – pusat ibukota kabupaten  Buru. Kami tidak butuh janji yang muluk-muluk,” ujar tokoh adat Pulau Buru tersebut. (ABe)
Daerah 36501819582305040

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang