Pemkab Malteng Biayai Siswa Terbaik Ke Jenjang Perguruan Tinggi | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkab Malteng Biayai Siswa Terbaik Ke Jenjang Perguruan Tinggi

BERITA MALUKU. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) memastikan akan membiayai siswa-siswi SMA atau SMK dan sekolah sederajat yang lulusan Ujian Nasional (UN) Malteng dengan predikat terbaik tahun 2016 untuk masuk ke jejang perguruan tinggi termasuk fakultas kedokteran.

Informasi yang diperoleh Berita Maluku Online, Jumat (29/4/2016), apa yang dilakukan Pemda Malteng ini bertujuan agar di masa mendatang, Sumber Daya Manusia (SDM) dari putra – putri Malteng sudah siap memberikan layanan terbaik kepada masyarakat yang ujungnya demi pembangunan daerah yang semakin baik di waktu mendatang.

Sebelumnya, Bupati Tuasikal Abua kepada media ini mengungkapkan, kebijakan Pemerintah Daerah yang dipimpinnya tidak dilatarbelakangi dengan kepentingan politik atau kepentingan mencari popularitas belaka, akan tetapi murni untuk perbaikan sumber daya manusia (SDM) Malteng yang lebih handal, yang pada gilirannya nanti akan mengabdi bagi daerah ini.

Dikatakan  upaya membiayai sekolah tinggi bagi siswa-siswi lulusan terbaik ke jenjang peguruan tinggi sudah dilakukan sejak dia memimpin Malteng  beberapa tahun lalu, targetnya ketika lima tahun periode pertama, Pemkab sudah menerima hasilnya.

Tuasikal mencontohkan, sudah lebih dari 40 putra-putri terbaik lulusan SMA sederajat sebelumnya sudah dibiayai Pemkab Malteng untuk melanjutkan studi ke Fakultas Kedokteran Unpatti  Ambon. Ini mempunyai target sampai dengan selesai periode pertama September 2017 mendatang, hasil lulusan kedokteran sudah bisa kembali mengabdi di Malteng. Artinya, hasil dari kebijakan Pemkab Malteng tersebut bisa terlihat wujudnya dalam waktu dekat nanti.

Menurut Tuasikal, putra-putri generasi muda Malteng, memiliki kemampuan yang jauh dari cukup untuk melanjutkan pendidikan ke universitas, akan tetapi banyak dari mereka berasal dari keluarga tak mampu sehingga latar belakang inilah yang kemudian memotivasi pihaknya membantu kelanjutan pendidikan mereka. Disamping itu, secara tak langsung kebijakan tersebut akan memberikan pengaruh positif bagi perbaikan dan pengembangan SDM di daerah Pamahanunusa itu.

Tuasikal menjelaskan, pemerintah tak hanya fokus pada langkah membiayai lulusan terbaik saja ke fakultas kedokteran, akan tetapi  juga ke fakultas lainnya yang sesuai dengan potensi siswa itu sendiri.

Tak hanya itu, dalam upaya untuk mewadahi dan memberikan kemudahan bagi siswa-siswi yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi, dengan biaya murah dan terjangkau serta tidak perlu keluar daerah.

“Perbaikan SDM ini tidak hanya kami lakukan dengan membiayai kelanjutan studi lulusan terbaik Malteng, akan tetapi kami juga telah berupaya untuk membuka Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Masohi sehingga para siswa yang mau melanjutkan pendidikan dengan biaya yang murah dan terjangkau dapat tersalur, sebab tak perlu lagi harus keluar daerah untuk mengecap pendidikan tinggi,” ungkapnya.

Kebijakan ini, kata Kata Tuasikal masih terus berlanjut selama yang bersangkutan memimpin Malteng sehingga paling sedikit Pemkab mampu mencetak ratusan generasi muda Malteng lulusan kedokteran dan fakultas lainnya. (NKe)
Pendidikan 3720814938876367127

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang