KNPI Dituntut Jadi Motor Penggerak Bangsa | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

KNPI Dituntut Jadi Motor Penggerak Bangsa

BERITA MALUKU. Pemuda merupakan generasi penerus bangsa dan negara Indonesia. Oleh karena itu, potensi pemuda harus diberdayakan, dikelola, dan dikembangkan sesuai arah dan kebijakan pembangunan nasional. Dengan demikian pemuda diharapkan berperan sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan menjadi agen perubahan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Dalam era globalisasi saat ini, yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tentunya membawa implikasi positif dan negatif, yang perlu dicermati dengan baik oleh kita bersama," kata Gubernur Maluku, Said Assagaff, dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli Gubernur, Lutfi Rumbia pada Rapimda KNPI yang berlangsung di hotel Tirta Kecana, Rabu (20/4/2016).

Menurutnya, globalisasi memang tidak dapat dihindari sebagai bagian dari kemajuan, karena itu globalisasi hendaknya dijadikan sebagai bagian dari peluang pengembangan diri, dengan memanfaatkan nilai-nilai positif. Oleh karena itu, globalisasi harus disikapi dengan arif dan bijaksana, sehingga tidak melunturkan semangat kebangsaan.

Mencermati hal tersebut, KNPI dituntut menjadi motor penggerak bangsa, yang mampu menghadapi tantangan, serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada.

“Ini tentunya bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah, mengingat problematika dan permasalahan yang melilit generasi muda masa kini sangatlah kompleks, mulai dari permasalahan pengangguran, krisis eksistensi, krisis mental hingga masalah penurunan karakter sebagai anak bangsa, serta berbagai permasalahan lainnya yang terjadi, yang dikhawatirkan mengganggu eksistensi pemuda saat ini.”

Menurutnya, organisasi KNPI juga harus peka dan berjuang untuk mendukung perwujudan Maluku sebagai Provinsi Kepulauan, dan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional, melalui sumbangan pemikiran yang produktif dan konstruktif, termasuk peluang pengembangan potensi sumber daya alam yang ada di Maluku.

Kata Assagaff, terkait pengoperasian Kilang Gas Alam Abadi Blok Masela, yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo telah menetapkan pengelolaannya di darat atau “On Shore”.

“Ini tentunya harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, oleh kita dalam memberdayakan generasi muda Maluku, agar dapat terlibat secara langsung dalam mega proyek tersebut. Dalam kaitan itu, generasi muda Maluku, termasuk KNPI harus berperan aktif untuk mewujudkan keterlibatan pemuda Maluku, melalui penyiapan tenaga-tenaga terampil, yang memiliki kapasitas dan kapabilitas sesuai kebutuhan,” ucapnya.
Aneka 8841756654417220103

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang