Hari Ini Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Merah Putih | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Hari Ini Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Merah Putih

BERITA MALUKU. Hari ini, Senin (4/4/2016), Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jembatan Merah Putih (JMP), yang telah dikerjakan sejak tahun 2011 lalu. 

Kepastian peresmian JMP disampaikan Kepala Bagian (Kabag), Biro Umum Pemda Maluku, Boby Palapia, pada Minggu (3/4/2016).

Menurut Palapia, kedatangan Presiden beserta rombongan di Ambon disambut oleh Gubernur, beserta Muspida tingkat I dan II.

Kedatangan Presiden di daerah ini kata Palapia, langsung direspon secara cepat oleh Pemerintah Provinsi Maluku dengan mengadakan rapat yang dipimpin Gubernur, dihadiri Kapolda Maluku, Ilham Salahudin, Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Monardo, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Anthon Hutabarat dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, berlangsung di lantai II kantor Gubernur Maluku.

“Rapat itu dilaksanakan untuk mempersiapkan hal-hal teknis dalam kedatangan orang nomor satu di Negara ini,” ucapnya.

Mengenai rencana Presiden untuk meresmikan pelabuhan Tutu Kembong, Desa Tutu Kembong, Kabupaten Maluku Tenggara (MTB), kata Palapia sesuai agenda Presiden tidak lagi menuju ke Saumlaki.

“Presiden tiba di Ambon untuk meresmikan JMP dan selanjutnya berangkat ke Papua,”ucapnya.

Untuk diketahui, jembatan terpanjang di Indonesia timur ini dikerjakan oleh tiga kontraktor, yaitu PT Waskita Karya (Persero), PT Pembangunan Perumahan (Tbk), dan PT Wijaya Karya (Tbk).

Penandatanganan kontrak untuk pembangunan jembatan ini dilaksanakan di Kementerian Pekerjaan Umum, pada 27 Juli 2012.

Proyek senilai Rp416,76 miliar direncanakan dibangun dalam waktu 870 hari, terhitung sejak pengerjaan pertama pada Agustus 2011. Namun, target penyelesaian ternyata molor hingga 2016.

Jembatan ini memiliki total panjang mencapai 1,06 kilometer dengan menghubungkan wilayah Desa Galala dan Poka.

Jembatan dibangun dengan tipe struktur cable stayed dengan panjang bentang tengah 300 meter, terdiri dari bentang utama 150 meter, dan dua bentang pendamping masing-masing 75 meter. Tinggi pilar beton 80 meter dan lebar jembatan 21,5 meter.
Proyek 5852102159463920452

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang