Hadi : UN Hari Pertama Berlangsung Aman dan Lancar | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Hadi : UN Hari Pertama Berlangsung Aman dan Lancar

BERITA MALUKU. Seketaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Hadi Sulaiman, mengatakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di hari pertama, baik secara manual maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diselenggarakan serempak di 11 Kabupaten/Kota Provinsi Maluku berlangsung aman dan lancar.

“Sampai saat ini belum ada laporan kendala apapun dari panitia UN di Kabupaten/Kota, baik pelaksanaan UN secara manual maupun UNBK. Begitu juga dari hasil pantauan kami di SMA 1 Ambon, SMA Saverius, SMA 11 dan SMA 13 Ambon, semuanya berlangsung aman dan lancar,” kata Hadi Sulaiman disela-sela kunjungan pantauan UN, Senin (4/4/2016).

Dikatakan, sesuai hasil koordinasi yang dilakukan oleh panitia di 12 sekolah yang melaksanakan UNBK di lima Kabupaten/Kota, yaitu Kota Ambon, Tual, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat (SBB) dan Buru  belum ada kendala apapun, baik kendala listrik maupun jaringan dan seluruh siswa yang terdaftar, seluruhnya dilaporkan hadir.

“Dari pelaksanaan UNBK saat ini, mudah-mudahan menjadi gambaran untuk Provinsi Maluku, sehingga tahun berikutnya tidak hanya di lima kabupaten/kota, melaikan di 11 Kabupaten/kota dengan pola, sistimatik yang sama. Paling tidak di 11 Kabupaten/Kota ada sekolah piloting yang menyelenggarakan UNBK,” ucapnya.

Dijelaskan, hal yang sama juga terjadi di UN berbasis manual yang berjalan aman dan lancar.

Dari hasil  pantauan dan laporan di seluruh Lokus se-Maluku  berjalan dengan baik dan sampai saat ini belum ada laporan apapun, baik itu kebocoran maupun kekurangan soal.

Menurut Hadi, UN yang berlangsung optimal di saat ini merupakan komitmen dari seluruh jajaran Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku maupun Kabupaten/Kota, penyelenggara pendidikan dan didukung oleh jajaran kepolisian baik di tingkat Polda, Polres dan Polsek. Sehingga distribusi naskah soal mulai dari pusat ke provinsi, dan provinsi ke kabupaten/kota maupun Kabupaten/Kota ke Lokus penyelenggaraan UN manual bahkan UNBK benar-benar berjalan baik dan terkoordinasi.

“Kalaupun ada kendala UN manual, kekurangan itu pun sudah ada standar opersional prosedur yang dilakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengantisipasi kekurangan soal dan soal-soal yang salah atau kurang jelas,” ungkapnya.

Untuk diketahui, jumlah siswa SMA/MA, SMK, SMALB, dan paket C yang mengikuti UN mencapai 29.179 siswa yang tersebar di Kabupaten/Kota. Dari 29.179 siswa tersebut, 1.988 siswa diantaranya mengikuti UNBK yang tersebar di lima Kabupaten/Kota, yaitu Kota Ambon diantaranya, SMA Negeri 1  281 siswa, SMA Siwalima 68 siswa, SMK Negeri 1, 240 siswa SMK Negeri 2, 169 siswa, SMK Negeri 3, 244 siswa dan SMK Negeri 7, 162 siswa.

Kota Tual, SMA Negeri , 332 siswa dan SMK Negeri 1 59 siswa. Kabupaten Maluku Tengah, SMA Negeri 1 Banda 108 siswa. Kabupaten Buru, SMK Negeri 1 Namlea, 73 siswa. Dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), SMK Negeri 1 Seram Barat, 224 siswa dan SMK Negeri 4 seram barat, 26 siswa.

Pendidikan 3230199834993159525

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang