Gubernur Maluku Kecewa, Belum Sampai 10 Orang Mendaftar Ikut Beasiswa S3 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Gubernur Maluku Kecewa, Belum Sampai 10 Orang Mendaftar Ikut Beasiswa S3

BERITA MALUKU. Pemerintah Provinsi Maluku saat ini merencanakan memberikan beasiswa doktoral atau Strata III (S3) untuk 80 orang, terutama di bidang parawisata, transportasi dan geologi. Namun nyatanya sampai saat ini belum sampai 10 orang yang mendaftar untuk mengikuti beasiswa dimaksud.

“Saya sangat kecewa, karena sampai saat ini belum sampai 10 orang yang  mendaftar untuk mengikuti beasiswa S3, itupun ada yang tidak sesuai permintaan yang diinginkan,” kata Gubernur usai meresmikan kantor KNPI Maluku, Kamis (21/4/2016). 

Dirinya mengakui, untuk S3 di Maluku sangat susah apalagi untuk bidang teknis, sehingga kedepan penerimaan beasiswa pihaknya akan diturunkan ke S2 dan S1.

“Kedepan kita akan lebih perbanyak S1 untuk memantapkan ketahanan ilmu-ilmu dasar, baru kemudian disekolah untuk mengambil S2 bahkan S3,” katanya.

Dijelaskan, untuk S1 pertambangan yang ada di Maluku sudah mencapai 50-60 orang. Sedangkan S2 masih sangat minim. Sehingga kedepan pihaknya akan mengutamakan S1 untuk disekolahkan dan kemudian mengambil S2.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Maluku, Anthonius Sihaloho mengakui informasi dan syarat untuk menerima beasiswa telah disebarkan ke seluruh universitas negeri dan swasta yang ada di Maluku, akan tetapi hingga pertengahan April 2016, masik sedikit yang mendaftarkan diri.

Selain itu, pihaknya juga sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Pattimura (Unpatti) untuk menyeleksi terhadap setiap calon penerima beasis, dengan syarat memiliki prestasi akademik baik dan diutamakan berasal dari keluarga kurang mampu.

Sihaloho menjelaskan, Pempov Maluku juga telah menyediakan jatah beasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2, serta 100 kouta untuk siswa berprestasi guna menempuh pendidikan strata I, di berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia. Dengan sasaran untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas guna mendukung berbagai program pembangunan yang gencar dilakukan pemerintah pusat di daerah ini.
Pendidikan 5089467858917711502

Poskan Komentar

  1. Publikasinya mungkin kurang Pak. Ada baiknya direkrut mahasiswa asal Maluku yang berkarya di luar seperti saya, kalau cuma untuk perguruan tinggi di Maluku mah jelas kurang.

    BalasHapus
  2. dimana lihat syarat dan caara pendaftaran beasiswanya ?
    mohon infonya

    BalasHapus
  3. Pak.. saya mengapresiasi baik hal ini.. tetapi, mekanisme pendaftarannya saya tidak tahu. butuh penjelasan lebih lanjut
    terimakasih

    BalasHapus
  4. Saya sangat mengapresiasi baik akan hal ini. Tetapi informasi mekanisme tentang beasiswa tidak terlalu jelas. tempat pendaftaran misalnya, atau bisakah via online misalnya?

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang