14 Dokter FK Unpatti Periode III Dikukuhkan | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

14 Dokter FK Unpatti Periode III Dikukuhkan

BERITA MALUKU. 14 Dokter periode III, Fakultas Kedokteran, Universitas Pattimura (Unpatti) dikukuhkan.

Pengukuhan 14 dokter oleh Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon Jacob Manuputty, berlangsung di Aula, Unpatti, Kamis (14/4/2016).

“Dilantiknya 14 dokter berarti sudah ada 26 doker lulusan fakultas kedokteran Unpatt,” kata Dekan FK Unpatti, Jacob Manuputty.

Dikatakan, ujian kompetensi periode ini tingkat kelulusan secara nasional adalah CBT 54,07 persen dimana fakultas kedokteran memperoleh kelulusan sebesar 50 persen dan OSCE secara nasional 89,7 persen dan FK Unpatti memperoleh kelulusan 96 persen.

Dijelaskan, jika dilihat urutanya maka FK Unpatti menduduki peringkat 33 dari 70 fakultas kedokteran yang telah menghasilkan dokter di Indonesia. Dimana hasil cukup membanggakan, dan beruntung bagi mereka telah lulus ujian kompetensi, untuk dipersiapkan kedepan memasuki proses pemahiran yang akan berlangsung selama satu tahun. 

Dirinya mengajak seluruh dokter yang telah lulus dari fakultas kedokteran, agar selesai intership melamar sebagai tenaga PTT dan selanjutnya bertugas di kabupaten/kecamatan, di Indonesia timur, terkhususnya Maluku, sehingga mereka mempunyai kesempatan yang lebih besar dalam mengikuti pendidikan lanjut utamanya pendidikan spesialis.

Sementara itu, Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I setda Maluku, Angki Renjaan mengatakan, pengambilan sumpah dan pelantikan menjadi momentum strategis bagi Pemerintah Provinsi Maluku untuk dapat menyiapkan tersedianya tenaga kesehatan, khususnya tenaga dokter yang dirasakan masih sangat terbatas di Maluku.

"Kita semua tentunya menyadari bahwa rasio ketersediaan dokter dengan fasilitas pelayanan kesehatan, serta kebutuhan masyarakat belum seimbang. Saya menghimbau kepada para Dokter muda lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura, agar dapat mengabdikan dirinya di Maluku, serta mampu menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik, guna memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat 2020,” tuturnya.

Dirinya berharap kepada para dokter muda, agar terus meningkatkan kemampuan dan kompetensi keilmuan secara berkesinambungan, karena perkembangan ilmu, pengetahuan dan teknologi kedokteran yang berkembang sangat pesat.

Sedangkan Rektor Unpatti, Nus Sapteno dalam sambutannya mengatakan, untuk menjadi seorang dokter tidaklah mudah. Dokter harus memiliki pengetahuan yang lebih di bidang kedokteran melalui pendidikan yang ditekuninya, seperti yang dijalani 14 dokter yang baru dilantik ini.

Kata Sapteno, dari tahun ke tahun prestasi FK Unpatti semakin baik, walaupun baru dibuka tetapi FK Unpatti sudah berada di peringkat 33 secara nasional dari 70 fakultas kedokteran seluruh Indonesia, dan sudah mengalahkan fakultas kedokteran negeri yang ada di Indonesia Timur.

“Itu berarti kedepan, fakultas kedokteran Unpatti bisa menunjukan perkembangan yang lebih baik,” ungkapnya. 

Dirinya menitipkan, dalam menjalankan tugas, harus tetap menjadi dokter berkualitas, dan menunjukan kepada masyarakat bawha dokter yang keluar dari Unpatti berbeda dengan lainnya.

“Yang terakhir saya minta layani pasien dengan senyum karena senyum anda adalah obat bagi pasien,” pintanya.
Pendidikan 5477377833300945223
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks