Maluku, Malut, Papua Komitmen Wujudkan Kawasan Yang Maju | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Maluku, Malut, Papua Komitmen Wujudkan Kawasan Yang Maju

BERITA MALUKU. Pemerintah Provinsi Maluku, Maluku Utara dan Papua terus berkomitmen untuk mewujudkan ketiga kawasan ini sebagai kawassan yang maju, mandiri, sederajat dengan kawasan lainnya.

Komitmen ini disampaikan Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua dalam sambutannya pada pembukaan forum regional Provinsi Maluku, Maluku Utara dan Papua, yang berlangsung di gedung Islamic center, Kamis (31/3/2016).

Dikatakan, secara nasional kawasan Indonesia Timur telah mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Pusat, dimana arah perencanaan pembangunan nasional dalam nawacita ketiga menyebutkan membangun dari pinggiran, kemudian rencana pembangunan tol laut dan menjadikan Indoneia sebagai poros maritime dunia.

“Dengan demikian untuk mewujudkan hal tersebut, maka kita harus membangun penguatan kerjasama regional,” ujarnya.

Dijelaskan, dari sektor perhubungan, konektivitas antar wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua dan papua Barat telah terhubung dengan baik. Rute pelayaran angkutan kapal feri dari pulau Seram telah melayari rute pulau-pulau kecil di wilayah selatan Papua dan Papua Barat. Sedangkan ke arah Maluku Utara, kapal feri dari Pulau Buru telah melayari rute kepulauan Sula.

Rute yang disebutkan, sebagai wujud implementasi konsep pembangunan gugus pulau, laut pulau dan pintu Jamak, yang didukung system transporasi yang diatur dalam rencana Trans Maluku dan secara regional mendukung system transportasi Sabuk Nusantara yang mendukung kerjasama pengembangan kawasan secara regional.

“Saya yakin masa depan kerjasama kawasan ini akan dapat memberikan manfaat yang besar untuk kemajua ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.
Headline 4440212843584577589

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang