6.574 Siswa SMA di Ambon Siap Ikut Ujian Nasional | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

6.574 Siswa SMA di Ambon Siap Ikut Ujian Nasional

BERITA MALUKU. Sebanyak 6.574 siswa Sekolah Menegah Atas(SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Ambon siap mengikuti Ujian Nasional (UN) pada 4 - 7 April 2016.

Kepala Dinas Pendidikan kota Ambon, Benny Kainama, di Ambon, Rabu (16/3/2016), mengatakan sebanyak 6.574 siswa terbagi menjadi siswa SMA sebanyak 4.839 dari 40 sekolah termasuk madrasah, dan 1,681 siswa SMK di 17 sekolah.

"Seluruh siswa telah siap mengikuti UN manual maupun berbasis komputer yang dilaksanakan pada 4 - 7 April 2016, setelah mengikuti ujian sekolah," ujarnya.

Menurut dia, tujuh sekolah di Ambon siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) pada 2016.

"Dari sembilan sekolah yang diusulkan, tujuh sekolah hasil verifikasi telah disetujui Kementerian Pendidikan untuk melaksanakan UNBK 2016," kata Benny.

Ia mengatakan tujuh sekolah yang akan melaksanakan UNBK yakni SMPN6, SMAN1 dan SMA Siwalima, dan SMKN1,2,3 dan 7.

"Pelaksanaan UN online sebagai upaya pemanfaatan teknologi informasi dan mencegah terjadinya kebocoran soal, diharapkan siswa mempersiapkan diri dengan baik," ujarnya.

Benny mengemukakan, peralatan penunjang seperti komputer, jaringan internet, listrik dan SDM telah dipersiapkan, sehingga dipastikan saat pelaksanan ujian dapat berjalan dengan baik.

"Jika peralatan penunjang telah dipersiapkan, maka siswa juga harus mempersiapkan diri dengan berbagai latihan, terutama cara mengisi lembaran jawaban secara online," katanya.

Ia menyatakan, saat pelaksanaan UN tahun ajaran 2015 telah ditetapkan dua sekolah di Ambon yakni SMA Negeri Siwalima dan SMK Negeri 3 menjadi percontohan penerapan berbasis komputer di Provinsi Maluku.

Namun, setelah dilakukan persiapan ternyata fasilitas pendukung seperti komputer, jaringan internet belum siap untuk melaksanakan ujian online. Kami berharap tahun 2016 dapat terealisasi.

"Persiapan UN berbasis komputer akan ditindaklanjuti dengan petunjuk teknis pelaksanaan agar setiap sekolah dapat mempersiapkan SDM dan fasilitas penunjang," tandas Benny.

Pendidikan 2402212144354376680
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks