Balon Wali Kota Ambon, Nanulaitta Daftar ke PDI Perjuangan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Balon Wali Kota Ambon, Nanulaitta Daftar ke PDI Perjuangan

BERITA MALUKU. Kadis PU Kota Ambon, Brury Nanulaitta, Senin (29/2/2016), mendaftar di DPC PDIP sebagai bakal calon (Balon) Wali Kota setempat untuk bersaing dengan kandidat lainnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 15 Februari 2017.

Brury yang didampingi sanak keluarga dengan arak - arakan lebih dari 1.000 sepeda motor mendatangi Sekretariat DPC PDIP di kawasan Manggadua, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon untuk menyerahkan formulir pendaftaran yang diambilnya beberapa waktu lalu.

Berkas yang diterima tim penjaringan Bakal Calon (Balon) Wali Kota - Wakil Wali Kota periode 2017 - 2022 itu, selanjutnya dicek kelengkapannya oleh tim penjaringan yang diketuai Colse Karesina.

Brury mengemukakan, mendaftar di DPC PDIP Kota Ambon dalam kapasitasnya sebagai warga negara yang berhak mengikuti Pilkada dengan persyaratan memenuhi ketentuan perundang-undangan, baik berkaitan dengan mekanisme partai politik (Parpol) maupun Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kan mendaftar dan menyilahkan PDIP berproses, selanjutnya memutuskan siapa diantara kandidat yang layak direkomendasikan untuk mengikuti Pilkada Kota Ambon nantinya," ujar Brury.

Dia mengakui, mendaftar di DPC PDIP telah mendapatkan restu dari Wali Kota Ambon periode 2011 - 2016, Richard Louhenapessy maupun Wawali setempat, Sam Latuconsina.

"Mereka memberikan restu karena memahami politik dengan matang dan menghargai hak politik dari masing-masing Warga Negara Indonesia, kendati stafnya sekali pun," tandas Brury.

Dia pun tidak mau sesumbar soal peluang mendapatkan rekomendasi dari PDIP maupun partai politik lainnya dengan syarat minimal tujuh dari 35 anggota DPRD Kota Ambon.

"Saya diajak sebagai kandidat dengan persyaratan mendaftar, selanjutnya disurvei PDIP sebelum DPP PDIP memutuskan rekomendasi diberikan kepada pasangan calon Wali Kota - Wawali Ambon," tegas Brury.

Disinggung motivasi untuk mengikuti Pilkada Kota Ambon, dia menjelaskan, menginginkan membangun daerah ini yang lebih baik.

"Saya jujur terusik dengan keberhasilan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dan Gubenrur Jateng Ganjar Pranowo," tandas Brury.

Karena itu, dia pun siap bersaing dengan petahana, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy maupun Wawali setempat, Sam Latuconsina sekiranya direkomendasikan PDIP yang pastinya berkoalisi dengan Parpol lainnya.

"Saya menjadwalkan mendaftar di Parpol lain sambil berkoordinasi dengan DPC PDIP yang menjadwalkan melaksanakan survei pada pekan kedua Maret 2016," tegas Brury.

Ketua tim penjaringan Bakal Calon (Balon) Wali Kota - Wakil Wali Kota periode 2017 - 2022 DPC PDIP Kota Ambon, Colse Karesina mengemukakan, kelengkapan administrasi akan diverifikasi setelah penutupan pendaftaran pada 1 Maret 2016, selanjutnya diberikan kesempatan untuk memperbaiki selama 14 hari.

"Saat ini yang telah mengembalikan formulir adalah Balon Wali Kota, Kadis Sosial Maluku Paulus Kastanya dan Brury Nanulaitta, sedangkan Wakil Wali Kota adalah Mohammad Tadi Salampessy dan Sam Hatapayo," ujarnya.

Sedangkan, Balon Wawali adalah Mohammad Tadi Salampessy dan Sam Hatapayo, Kandidat Balon Wali Kota Ambon lainnya yang telah mengambil formulir pendaftaran di DPC PDIP adalah Richard Louhenapessy, mantan Sekkot Ambon, Hesina Huliselan, mantan anggota DPRD Kota Ambon, Jhon Jokohael dan pengusaha, Felix Christianto.

Sedangkan bursa Balon Wawali adalah Sam Latuconsina, Abubakar Hentihu, Ridwan Marasabessy dan Yusuf Wally.

Richard - Sam yang saat Pilkada 2011 dipromosikan dengan sapaan "PAPARISA" berakhir masa jabatan pada 4 Agustus 2016.
Pilkada Maluku 4474900210009112470

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang