Sejumlah Situs Tua Ditemukan di Kisar | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Sejumlah Situs Tua Ditemukan di Kisar

BERITA MALUKU. Temuan sejumlah objek atau benda-benda purbakala berupa lukisan pada batu cadas belum lama ini ditemukan di Pulau Kisar, Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Temuan yang dinilai berharga ini cukup mencengangkan, sebab diperkirakan, lukisan ini termasuk salah satu lukisan tertua di dunia sebagaimana yang ditemukan juga di sejumlah negara.

Bahkan lukisan ini diprediksikan sudah ada sebelum masa peradaban manusia (masa periode Pleistosin).

Jumlah lukisan ini belum terdata secara pasti namun diperkirakan jumlahnya cukup banyak karena  lukisan-lukisan cadas ini tersebar di sejumlah titik yang mengitari pulau yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste itu.

Kepala Balai Arkeologi Maluku, Muhammad Musni kepada Berita Maluku Online, Kamis (7/1/2015) mengaku  tercengang dengan penemuan situs ini, karena jumlahnya terbilang cukup banyak hingga mencapai ribuan, dan mengelilingi wilayah pulau yang hanya seluas 8.500 Ha, mulai dari wilayah dermagaWonreli hingga sampai desa Purpura.

“Ini penemuan cukup luar biasa, karena ada banyak lukisan batu cadas yang dibuat oleh manusia yang hidup saat itu. Untuk itu, Kisar bisa kita jadikan pulau situs karena di tempat lain belum  ditemukan banyak situs sekaligus seperti yang terdapat di pulau ini,” katanya.

Husni mengaku rela berminggu-minggu berada di Pulau Kisar hanya untuk menjejaki keberadaan situs tersebut.

Menurutnya, situs lukisan batu cadas yang ditemukan diperkirakan berusia ribuan tahun, namun kepastian waktunya akan dibuktikan sebab saat ini pihaknya masih menunggu proses penelitian lebih lanjut soal ‘dating’ mengingat alat pengukur waktu didatangkan dari Amerika.

Kata dia, pada bagian barat pulau ini terdapat lukisan telapak tangan pada dinding batu dan di sebelah barat pulau ini terdapat sejumlah lukisan dengan berbagai ornamen. 

Selain itu, terdapat juga sejumlah sebuah lokasi pemukiman penduduk zaman yang hidup saat itu namun telah ruksak lantaran tertimbun tanah.

Kata dia, dengan adanya penemuan ini melambangkan komunitas manusia yang mendiami pulau Kisar sudah mengenal suatu peradaban tertinggi pada masa lalu.

“Bila ini mencuat, Pulau Kisar atau Kabupaten MBD bisa menjadi suatu tempat destinasi, karena banyak orang akan datang untuk ini,” tandasnya.
Daerah 5576878177030187619

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang