Pemkot Ternate Siapkan Tim Gerak Cepat Cegah DBD | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Ternate Siapkan Tim Gerak Cepat Cegah DBD

BERITA MALUKU. Pemerintah Kota Ternate Maluku Utara (Malut) menyiapkan tim gerak cepat untuk mencegah kemungkinan mewabahnya penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan berbagai penyakit lainnya yang biasa muncul saat musim hujan.

"Tim gerak cepat tersebut berada di setiap puskesmas sehingga begitu mengetahui adanya DBD atau penyakit lainnya mereka langsung bertindak tanpa harus menunggu komando dari atas," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate Nurbaity Rajabessi di Ternate, Senin (18/1/2016).

Ia menyebutkan tim itu beranggotakan dokter, para medis dan dari berbagai unsur terkait lainnya. Tim tersebut selain disiapkan untuk mengantisipasi munculnya DBD dan berbagai penyakit lainnya yang muncul saat musim hujan, juga dapat dimanfaatkan untuk penanganan jika terjadi musibah, misalnya banjir lahar dingin.

Nurbaity mengatakan Dinkes Kota Ternate perlu membentuk tim gerak cepat tersebut karena Ternate merupakan salah satu daerah endemik DBD, bahkan pada beberapa tahun lalu sempat mewabah dan mengakibatkan ratusan warga terjangkit penyakit itu, bahkan ada korban yang meninggal.

Upaya lain yang dilakukan Dinkes Ternate untuk mengantisipasi mewabahnya DBD pada musim hujan adalah mengintensifkan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, di antaranya melalui aksi 3M yakni menguras, menutup dan mengubur.

"Menguras maksudnya membersihkan bak mandi minimal sekali seminggu, menutup maksudnya menutup tempat penampungan air dan mengubur maksudnya membenamkan dalam tanah kaleng atau tempat yang dapat menampung air," katanya.

Di setiap puskesmas dan rumah sakit juga telah disiapkan obat-obatan, begitu pula untuk kebutuhan foging (pengasapan) sudah disiapkan, namun untuk kegiatan foging ini belum dilakukan karena sejauh ini belum ada laporan adanya kasus DBD di kota itu.

Ia mengimbau masyarakat setempat agar jika ada anggota keluarganya yang menderita sakit panas dan demam yang berkepanjangan, segera memeriksakannya ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, karena tidak tertutup kemungkinan yang bersangkutan menderita DBD.
Malut 3804424847550419820

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang