Komnas HAM Minta Laporan Polda Malut Soal Penembakan Warga | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Komnas HAM Minta Laporan Polda Malut Soal Penembakan Warga

BERITA MALUKU. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta laporan dari Polda Maluku Utara terkait insiden penembakan dan penabrakan yang menyebabkan dua warga Toboko meninggal dunia pada 10 Januari 2016.

"Komnas HAM menanyakan perkembangan kasus penembakan diduga dilakukan oknum polisi dari Satuan Dalmas Polres Ternate," kata Kapolda Malut, Brigjen Pol Zulkarnain, di Ternate, Kamis (14/1/2016).

Dia membenarkan telah menerima surat dari Komnas HAM dan inti meminta laporan dalam waktu 14 hari. Laporan itu terkait dengan langkah-langkah yang dilakukan, persangkaan dan upaya-upaya lain.

"Kami dalam penanganan kasus ini melakukan secara transparan melalui Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Maluku Utara," ujarnya.

Kapolda mengharapkan, Komnas HAM mengarahkan tim investigasi ke Ternate untuk memastikan apakah penanganan kasus oleh kepolisian transparan ataukah tidak.

Keinginan Kapolda ini sama dengan warga Toboko agar Komnas HAM mnerjunkan tim investgasi untuk mencari fakta di Ternate.

Sedangkan, Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate, Muzakir Gamgulu menyatakan, akan meminta Komnas HAM membentuk tim pencari fakta untuk melakukan investigasi insiden yang menewaskan dua warga Toboko.

"DPRD akan merekomendasikan ke Komnas HAM agar ke Ternate melakukan investigasi penembakan dan tabrakan menewaskan dua warga Toboko," katanya.

Dia mengatakan, rekomendasi ini menindaklanjuti hasil pertemuan antara Komisi I dan komisi III DPRD Kota Ternate dengan KNPI, LSM dan elemen Pemuda Ternate.

"Kami mengutuk keras tindakan yang dilakukan oknum anggota polisi dan menyesalkan terjadi korban jiwa," ujar Muzakir.
Malut 8209452640435590188

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang