Kemenkes Tempatkan Tenaga Kesehatan Di Perbatasan Maluku | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kemenkes Tempatkan Tenaga Kesehatan Di Perbatasan Maluku

BERITA MALUKU. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan primer di daerah perbatasan, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menempatkan sebanyak 70-an lebih tenaga medis pada kawasan perbatasan di Provinsi Maluku.

Puluhan tenaga kesehatan ini ditempatkan pada puskesmas-puskesmas terluar di tiga kabupaten yakni Maluku Tenggara Barat (MTB), Maluku Barat Daya (MBD) dan Kepulauan Aru.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Mikhe Pontoh, kepada wartawan di kantor Gubernur Kamis (21/1/2016).

Menurutnya, rata-rata di kawasan perbatasan tenaga kesehatan masih minim. Oleh sebab itu, Kemenkes melalui program Nusantara Sehat akan memperkuat Puskesmas yang ada di daerah itu dengan mengirimkan tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut.

"Ada 12 di wilayah perbatasan. Dan sesuai SK Menkes RI, para tenaga kesehatan ini ditempatkan di tiga kabupaten dan langsung ditangani oleh kementrian," ujarnya.

Jelasnya, program nusantara sehat merupakan salah satu program prioritas Kementerian Kesehatan untuk lima tahun ke depan. Dimana lebih berbasis pada tim, program ini berupaya memperkuat pelayanan kesehatan primer yang ada dengan berfokus pada tindak promotif dan preventif.

"Tim ini harus pro aktif di masyarakat. Yang terpenting adalah mengubah pemikiran atau pandangan dari masyarakat agar mengerti bahwa kesehatan itu di hulu dari segala kehidupan kita," tandasnya.
Kesehatan 6462562246707910359

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang