Belasan Sekolah di Maluku Ini Ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Belasan Sekolah di Maluku Ini Ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer

BERITA MALUKU. Dari ribuan sekolah di Maluku, hanya ada 17 sekolah jenjang SMP, SMA dan SMK yang menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ke-17 sekolah tersebut tersebar di empat Kabupaten/Kota, yakni Kota Ambon terdiri dari SMA Negeri 1, SMA Siwalima, SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, SMK Negeri 3, SMK Negeri 7, SMP Negeri 3, SMP Negeri 6 dan SMP Lentera. Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), terdiri dari SMA Negeri 1 Seram Barat, SMK Negeri 4 Seram Barat dan SMP Negeri 3 Kairatu. Kabupaten Buru, terdiri dari SMK Negeri 1 Namlea dan SMP Negeri 5 Namlea. Kota Tual terdiri dari SMA Negeri 1 Tual, SMK Negeri 1 Tual dan SMP Negeri 3 Tual.

Menindaklanjuti hal ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, M. Saleh Thio, Selasa (26/1/2016), mengatakan dirinya sudah melakukan rapat bersama dengan seluruh kepala sekolah yang menyelenggarakan UNBK.

Menurutnya, dari aspek infrastuktur dan siswa sudah siap. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan try out serta pelatihan - pelatihan, dan terbukti semua siswa bisa menjawab seluruh pertanyaan dengan menggunakan Informasi Teknologi (IT).

“Jadi memang tidak semua sekolah yang mendapatkan kesempatan untuk UNBK, mengingat infrastuktur belum siap, karena itu hanya 17 sekolah saja yang bisa menggunakan UNBK,” tuturnya.

Lanjut orang nomor satu di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini, pelaskanaan UNBK tidak hanya melihat pada kesiapan infrastuktur, tetapi juga melihat pada kesiapan siswa dalam hal ini ketrampilannya dalam menguasai IT. Sehingga tidak menggurangi prestasi ujian yang sudah semakin baik dari tahun ke tahun.

Ditambahkan pula, untuk data peserta Ujian Nasional (UN) secara keseluruhan sampai hari ini masih dalam proses verifikasi pada Balitbang Kemendikbud.

Terlepas dari hal tersebut, diakuinya untuk mutu kualitas tenaga pendidik (guru) dari 11 Kabupaten/Kota di Maluku hanya Kota Ambon yang bisa dikatakan baik.

“Kalau berbiacara pada mutu pendidikan harus berorientasi pada kualitas guru. Jika kualitas guru baik, maka siswanya pun baik, tetapi jika kualitas guru buruk, maka tentu siswa juga akan menjadi buruk,”tandasnya. 
Pendidikan 825003597693119866

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang