Panwaslu SBT Bubarkan Kampanye Pasangan Sus-Goo | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Panwaslu SBT Bubarkan Kampanye Pasangan Sus-Goo

BERITA MALUKU. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Seram Bagian Timur (SBT) membubarkan kampanye pasangan calon Sitty Suruwaky-Sjaifuddin Goo dipromosikan dengan sapaan Sus Goo di desa Adar, kecamatan Gorom Timur, Kamis siang.

"Saya membubarkan kampanye pasangan Sus Goo karena tidak ada jadwal untuk tahapan tersebut pada 3 Desember 2015," kata anggota Komisioner Panwaslu SBT Saleh Tionotak dihubungi dari Ambon, Kamis malam (3/12/2015).

Dia memastikan, berdasarkan jadwal telah ditetapkan KPU SBT, maka pada 3 Desember 2015 diselenggarakan debat kandidat Bupati-Wakil Bupati di Bula, ibu kota Kabupaten setempat.

"Kampanye dibubarkan saat Sitty memulai orasi dan tidak ada perlawanan serius karena Panwaslu bertindak sesuai ketentuan undang-undang (UU) yang mengatur jadwal tahapan Pilkada di SBT," ujar Saleh.

Dia mengakui, awalnya ada keberatan dari tim sukses Sus Goo. Namun, setelah dijadwalkan jadwal kampanye berdasarkan keputusan KPU SBT, akhirnya mengalah dan bubar.

"Saya hanya menegakkan ketentuan UU sehingga setiap pasangan calon bupati-wakil bupati termasuk tim sukses harus mematuhinya," tandas Saleh.

Dia menyesalkan ketidakpatuhan pasangan Sus Goo dalam melaksanakan tahapan kampanye sesuai jadwal telah diputuskan KPU SBT.

"Sebenarnya setiap pasangan calon bupati-wakil bupati turut bertanggung jawab memberikan pendidikan politik kepada masyarakat agar Pilkada di SBT berlangsung lancar, aman dan sukses dalam memilih pemimpin lima tahun ke depan," tegas Saleh.

Pasangan Sus Goo direkomendasikan PDI Perjuangan, Partai Nasdem, PKB, Hanura dan PKP Indonesia.

Pasangan lainnya adalah Abdul Mukti Keliobas-Fachry H Alkatiri (MUFAKAT) didukung Partai Gerindra, PKS, PPP dan Demokrat.

Pilkada serentak kelompok pertama di Maluku juga diselenggarakan di Kabupaten Buru Selatan, Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya (MBD).
Pilkada Maluku 6675221470030738461

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang