Gunung Gamalama Keluarkan Asap Tebal | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Gunung Gamalama Keluarkan Asap Tebal


BERITA MLUKU. Gunung api Gamalama Kota Ternate, Maluku Utara, Senin, kembali mengeluarkan asap tebal yang terekam dari sebelah timur setinggi 200 meter dari puncaknya.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Gamalama, Darno Lamane, di Ternate, Senin (7/12/205), mengatakan, dari hasil pengamatan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), hembusan asap tebal tidak hanya terlihat di rekahan sebelah timur, namun pada kawah utama terpantau adanya hembusan asap putih tebal setinggi 150 meter.

Menurutnya, sempat terekam juga aktivitas kegempaan seperti tektonik jauh sebanyak tiga kali, tektonik lokal 20 kali, dengan hembusan tujuh kali dan gempa tremor hembusan sebanyak satu kali.

Menjelang Senin(7/12)siang aktivitas Gamalama sudah cukup sulit terpantau secara visual disebabkan tebalnya kabut yang menutupi permukaan gunung tersebut.

Dia mengatakan, aktifitas gunung api Gamalama ini mengalami peningkatan sejak akhir November hingga awal Desember 2015 dan pemicunya karena sejumlah gempa tektonik yang terjadi di wilayah Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat.

Meski pun sempat memuntahkan asap tebal, namun gunung api Gamalama hingga kini masih berstatus waspada level II. Tetapi lanjut dia, dengan gempa tektonik yang terjadi di wilayah Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat pada beberapa pekan ini juga diprediksi dapat menyebabkan peningkatan aktivitas kegempaan gunung gamalama lebih besar.

"Kita mengimbau masyarakat agar tidak mendekati areal kawah yang ada di puncak gunung Gamalama dalam radius 1,5 km," katanya.

Secara terpisah, Kepala BPBD Kota Ternate Hasyim Yusuf, mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih waspada terhadap bencana alam yang sesekali bisa mengepung Ternate, terutama ancaman letusan gunung api Gamalama.

"Kami meminta agar masyarakat lebih waspada dan tidak panik serta tidak dulu beraktifitas atau melakukan pendakian di puncak gunung gamalama," ujarnya.
Malut 218654619301685805

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang