Masih Banyak Warga Ternate Belum Miliki Akta Kelahiran | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Masih Banyak Warga Ternate Belum Miliki Akta Kelahiran

BERITA MALUKU. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Ternate, Maluku Utara (Malut), menyatakan masih masih banyak warga di Ternate yang belum miliki akta kelahiran termasuk para remaja.

"Bukan hanya anak usia dini yang belum memiliki akta kelahiran tetapi masih banyak yang berusia remaja belum miliki akta kelahiran karena memandang kurang penting dokumen kependudukan tersebut," kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Ternate Mahdi Nurdin di Ternate, Senin (2/11/2015).

Dia mengatakan, hingga saat ini masih banyak warga yang belum memiliki akta kelahiran, bahkan banyak yang belum membuatnya.

"Kita sekarang lagi berupaya untuk mensosialisasi supaya warga bisa secepatnya sadar dan melakukan pembuatan akta kelahiran," ujarnya.

Padahal peningkatan kepemilikan akta kelahiran telah menjadi sebuah urgensi sebagai dari pengakuan negara terhadap hak azasi manusia serta upaya memperbarui database kependudukan nasional dalam rangka mewujudkan Nawacita pertama Pemerintah yaitu untuk menghadirkan Negara yang bekerja, memberikan rasa aman dan melindungi melalui pelayanan pencatatan sipil yang berkualitas.

"Peningkatan cakupan akta kelahiran di kalangan anak usia 0-18 tahun merupakan agenda prioritas Dukcapil Kota Ternate, mulai tahun 2016 Pemerintah akan menerbitkan kartu tanda penduduk khusus bagi anak usia 0-18 tahun untuk melengkapi akta kelahiranya yang sudah dimilikinya sebagai bentuk pemenuhan hak konstituen anak," ujarnya.

Untuk itu, dia meminta warga segera mengurus akta kelahiran anak dan tidak perlu khawatir jika kelahiran tersebut terjadi di luar Ternate karena akan difasilitasi.

Sementara itu, Dinas Dukcapil hingga tanggal 29 Oktober 2015 telah melakukan perekaman E-KTP sebanyak 101,523 jiwa.

Dengan total penduduk wajib KTP sebanyak 148,220 jiwa maka yang belum melakukan perekaman sebanyak 46,679 orang sehingga Mahdi berharap warga dapat mendatangi tempat-tempat yang disediakan untuk melakukan perekaman E-KTP.
Malut 3480396075188306226

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang