Empat Budaya Maluku Jadi Warisan Nasional | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Empat Budaya Maluku Jadi Warisan Nasional

BERITA MALUKU. Empat kegiatan budaya Maluku ini sudah ditetapkan menjadi warisan nasional, antara lain, kegiatan Cuci Negeri yang setiap akhir bulan Desember dilakukan warga Negeri Soya, Kecamatan Letimur Selatan, Kota Ambon, Lari Obor Pattimura yang dilangsungkan setiap tanggal 15 Mei, Pela atau ritual pengingkat tali persaudaraan antara dua desa/kelompok atau lebih, dan Ina Sua atau cara pengawetan ikan.

Demikian dikatakan, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Ambon, Stevanus Tiweri kepada Berita Maluku Online, Selasa (17/11/2015).

Tiweri mengaku bangga dengan ditetapkannya empat kegiatan budaya Maluku menjadi warisan nasional. Alasanya, selama ini hanya ada budaya-budaya dari bagian barat Indonesia yang diusulkan menjadi warisan budaya nasional, sementara budaya dari Indonesia Timur seperti budaya –budaya daerah Maluku belum diangkat menjadi warisan budaya nasional sehingga patut dibanggakan bila sudah ada empat budaya asal daerah ini dimasukan menjadi warisan budaya nasional.

Dikatakan, masih banyak budaya Maluku yang punya nilai positif untuk diangkat menjadi warisan nasional sehingga daerah Maluku tidak dicap dengan lebel tertentu. 

Untuk itu, kata Tiweri, pada tahun 2016, pihaknya akan mengusulkan beberapa budaya Maluku lainnya untuk diangkat menjadi warisan nusantara, beberapa diantaranya adalah Sasi dan kegiatan Panas Pela. 
Kebudayaan 7971461228361243291

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang